Meski Dilarang, Aplikasi Ini Jadi Terpopuler di Dunia

TikTok.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Tiktok tercatat sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh, selama bulan Juni kemarin. Aplikasi asal China itu mengalahkan video conference terkenal selama pandemi, Zoom.

Dari laporan Sensor Tower yang dikutip VIVA Tekno, Senin, 13 Juli 2020, Tiktok jadi aplikasi non-gaming yang paling banyak diunduh untuk bulan Juni. Jumlahnya mencapai lebih dari 87 juta pemasangan, naik 52,7 persen dari bulan yang sama tahun lalu.

Negara yang penduduknya paling banyak memasang Tiktok selama periode tersebut adalah India (18,8 persen) dan Amerika Serikat (8,7 persen). Sebagai informasi, keduanya adalah negara yang mengawali pelarangan pengguna Tiktok.

Akhir bulan lalu, Tiktok masuk dalam aplikasi asal China yang dilarang di India. Aplikasi-aplikasi itu dianggap terlibat dalam kegiatan yang bisa merugikan kedaulatan serta intergritas India.

Sedangkan pekan lalu, pemerintah Amerika Serikat menyatakan mempertimbangkan memblokir Tiktok. Sekretaris Negara, Mike Pompeo menyatakan ada kekhawatiran jika aplikasi video pendek itu jadi alat pengawasan dan propaganda China.

Keputusan Pompeo juga memperpanjang permusuhan antara Amerika dan China. Sebelumnya, Amerika melalui Federal Communications Commision atau FCC secara resmi menyatakan Huawei sebagai ancaman keamanan nasional.

Sementara itu, Zoom yang berjaya selama pandemi harus puas berada di peringkat kedua. Jumlah unduhannya mencapai 71,2 juta, atau 34 kali lebih banyak dari unduhan yang dilakukan secara global pada Juni 2019.

India dan Amerika masih menjadi negara teratas yang mengunduh Zoom, yaitu masing-masing 30,8 persen dan 11,3 persen. Aplikasi non-gaming lain yang masuk ke 10 besar yakni media sosial seperti Facebook, WhatsApp dan Instagram. Platform meeting online Google Meet juga masuk dalam laporan tersebut.