Ada 4 Objek Misterius di Luar Angkasa, seperti Pulau Berbentuk Cincin

Galaksi Bima Sakti.
Sumber :
  • NASA

VIVA – Para astronom menemukan empat objek misterius di luar angkasa yang berbentuk gelombang radio, bulat, dan sangat terang pada tepinya. Objek seperti ini belum pernah ditemukan.

Dari situs Live Science, Rabu, 15 Juli 2020, benda-benda itu terlihat seperti pulau berbentuk cincin dijuluki lingkaran radio aneh atau ORC karena bentuk dan kekhasannya. Semuanya ditemukan jauh dari Bima Sakti.

Para astronom memiliki penjelasan yang belum tentu benar. Mereka mengesampingkan benda-benda seperti supernova, galaksi pembentuk bintang, planet nebula dan pelensaan gravitasi.

Ahli berspekulasi bahwa benda-benda itu bisa saja gelombang kejut sisa dari ekstragalaktik atau aktivitas dari galaksi radio.

"Objek-objek itu mungkin menunjuk kepada fenomena baru yang belum pernah diselidiki. Mungkin juga objek yang sudah diketahui namun belum ada penelitian lebih lanjutnya," kata Astronom Kristine Spekkens.

Objek juga bisa disebabkan oleh fenomena berbeda dan dikatakan tidak bisa terlihat dengan visible, infrared dan sinar-X. Dua ORC memiliki galaksi di pusatnya, menunjukkan bahwa objek-objek ini telah dibentuk oleh galaksi. Dua ORC juga tampak berdekatan, yang asal-usulnya bisa saja mirip.

Tiga objek ditemukan saat astronom memetakan langit malam dalam frekuensi radio, bagian dari proyek Evolutionary Map of the Universe (EMU). Pilot EMU menggunakan Australian Square Kilometer Array Pathfinder atau ASKAP, periode Juli hingga November 2019.

Sedangkan ORC keempat ditemukan dalam data arsip yang dikumpulkan Giant MetreWave Radio Telescope di India. Spekkens dan astronom lainnya juga belum bisa mengungkapkan sifat sebenarnya dari empat objek misterius. Namun, dengan dimulainya survei EMU, mereka berharap bisa menemukan jawaban.