Hacker Pemburu Bitcoin Nekat Bobol Twitter Bos Raksasa Teknologi Dunia

Hacker.
Sumber :
  • CSO

VIVA – Aksi para peretas atau hacker makin meresahkan. Mereka nekat membobol akun Twitter bos raksasa teknologi dunia secara massal. Pendiri SpaceX Elon Musk, Kepala Eksekutif Microsoft Bill Gates dan Pemilik Amazon Jeff Bezos menjadi korban para hacker. Kejadian ini menjadi aksi peretasan terluas namun membingungkan.

Sebab, para peretas memanfaatkannya untuk mempromosikan penipuan Bitcoin. Dari situs The Verge, Kamis, 16 Juli 2020, belum jelas bagaimana peretasan bisa terjadi dan apa yang membuat sistem Twitter melemah. Tweet penipuan melakukan postingan dari akun terverifikasi secara teratur pada pukul 16.00 ET atau 03.00 WIB.

"Kami mengetahui adanya insiden keamanan yang berdampak pada akun Twitter. Kami sedang menyelidiki dan mengambil langkah-langkah untuk memperbaikinya dan kami akan segera membuat pembaruan," demikian keterangan resmi Twitter.

Lalu, pada pukul 18.00 ET, platform yang dipimpin Jack Dorsey itu melakukan langkah untuk mencegah hacker membuat tweet, pertama kalinya Twitter melakukan langkah ini dalam sejarah mereka, yaitu melakukan pembatasan tweet.

"Kami terus membatasi kemampuan tweet, mengatur ulang kata sandi Anda, dan beberapa fungsi lainnya tengah dalam pembahasan. Terima kasih atas kesabaran Anda. Hari yang berat bagi kami di Twitter. Kita semua merasa buruk hal ini terjadi. Kami akan melakukan investigasi dan membagikan segala yang kami bisa ketika kita sudah memahami situasinya," ungkap Dorsey.

Sementara itu Kepala Produk Twitter Kayvon Beykpour mengatakan investigasi masih berlangsung namun pembaruan akan diinformaskan melalui @TwitterSupport. Ia juga minta maaf atas gangguan ini. "Kami merasa frustasi mengapa hal ini bisa terjadi kepada pengguna," jelasnya.

Kekacauan dimulai saat akun Twitter Elon Musk digunakan untuk melakukan penipuan Bitcoin. Lalu, akun milik Bill Gates yang memposting hal serupa.

"Kami konfirmasi bahwa tweet ini tidak dibuat oleh Bill Gates. Ini tampaknya menjadi masalah terbesar Twitter. Mereka sudah menyadarinya dan bekerja untuk memulihkan akun," kata Juru Bicara Bill Gates, Teddy Schleifer.

Akun Twitter lainnya yang juga mengalami peretasan adalah CEO Uber Dara Khosrowshahi, mantan Presiden AS Barack Obama, kandidat Presiden AS Joe Biden dan Kanye West, serta mantan Wali Kota New York Michael Bloomberg.