Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

3 Kasus Bobolnya Data Pribadi Konsumen Indonesia, Serupa tapi Tak Sama

Senin, 20 Juli 2020 | 17:09 WIB
Foto :
  • KlikLegal.com
Perlindungan data pribadi.

VIVA – Kebocoran data pribadi yang dialami konsumen tiga perusahaan teknologi Indonesia, Telkomsel, Tokopedia dan Bukalapak, dinilai sebagai kasus yang berbeda. Sebab, operator telekomunikasi pelat merah itu sudah menerapkan standard operating procedure (SOP) terhadap data pribadi konsumennya.

Hal tersebut diungkapkan oleh pakar keamanan siber Ruby Alamsyah. Menurutnya, kebocoran data pribadi dalam kasus Telkomsel terjadi lantaran petugas layanan pelanggan (customer service) yang melakukan pelanggaran. Sementara kebocoran data pribadi yang dialami dua startup unicorn Indonesia, Tokopedia dan Bukalapak, murni pembobolan data server internal.

Baca Juga

"Toh, keduanya kini sudah melaporkan pembobolan IT internal mereka oleh hacker ke Polri," kata Ruby, Senin, 20 Juli 2020. Lebih lanjut, ia menuturkan petugas customer service memang diberikan akses terbatas terhadap data pribadi konsumen. Tujuannya untuk memberikan pelayanan jika terjadi kehilangan kartu atau kendala lainnya.

Human fraud

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler