Witch Hazel, Tanaman Penyihir 'Penyelamat' Lubang Kotoran Manusia

Witch Hazel
Sumber :
  • HowToCure

VIVA – Tahukah kamu tanaman Witch hazel? Itu nama salah satu tanaman herbal yang memiliki nama latin Hamamelis virginiana. Tanaman ini secara luas dikenal karena kemampuannya untuk meredakan peradangan dan menenangkan kulit sensitif.

Dirangkum dari beberapa sumber, Rabu, 29 Juli 2020, Witch hazel merupakan sebuah zat alami dengan konsentrasi tannis tinggi. Zat ini memiliki kemampuan untuk menghapus minyak dari kulit, mengurangi iritasi, dan jerawat serta kondisi kulit peradangan lain.

Tanaman penyihir ini juga mampu mengencangkan kulit, mengurangi peradangan, bahkan sebagai pengobatan alami yang ideal untuk mengobati kantung hitam dan pembengkakan sekitar mata. Namun, Witch hazel juga dipakai untuk membantu mengobati wasir atau ambeien.

Wasir disebabkan oleh pembengkakan dan radang pembuluh darah di rektum dan anus, yang akhirnya mengakibatkan gejala seperti sembelit, gatal, dan berdarah.

Anus berperan sebagai tempat atau lubang lewatnya feses atau kotoran, sehingga jelas bahwa anus bisa menjadi sumber infeksi. Nah, Witch hazel dipercaya bisa membantu mengobati gatal, kemerahan, nyeri, dan pembengkakan yang berhubungan dengan ambeien.

Itu karena Witch hazel memiliki sifat hemostatik, yang berarti dapat menghentikan perdarahan yang disebabkan oleh wasir. Pengaplikasiannya bisa dengan dibubuhkan langsung ke area yang terkena menggunakan bola kapas atau kain untuk menenangkan kulit.

Hal ini diakui oleh pakar kesehatan Anandika Pawitri. Menurutnya, tanaman Witch hazle mengandung zat antioksidan dan anti-radang.

Zat ini berfungsi mengobati benjolan wasir yang bengkak atau luka dan dapat menyempitkan pembuluh darah. Saat ini sudah ada jenis obat herbal atau minyak oles bernama Ambedex untuk mengobati ambeien luar.

"Pembengkakan dan benjolan pada anus akibat wasir atau ambeien bisa diatasi dengan mengoleskan Ambedex pada area yang bengkak dan gatal secara rutin. Rasa gatal akan segera hilang dan pembengkakan secara perlahan akan kempes," kata dia.

Obat herbal ini tidak hanya terbuat dari ekstrak tanaman Witch hazle, tetapi juga Aloe vera. "Aloe vera atau lidah buaya mengandung bradykinase, yakni enzim yang dapat meredakan peradangan parah dan rasa gatal ketika dioleskan pada kulit," jelas Anandika.

Selain itu, Manajer Distribusi Ambedex, Agung Faizal, menambahkan jika produknya telah terdaftar oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM dengan nomor TR. 203640951.

Dengan demikian, obat herbal wasir oles ini aman dan halal digunakan serta tanpa efek samping. "Kami berharap para penderita wasir atau ambeien luar tidak ragu mengomsumsi Ambedex," ungkapnya.