Lagi Tanggal Muda, Sambut Asteroid Seluas Lapangan Bola Dekati Bumi

Asteroid
Sumber :
  • Jagran English

VIVA – Menjelang akhir Juli 2020, Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA mengabarkan asteroid seluas lapangan bola sedang mendekati Bumi. Batuan luar angkasa itu adalah Asteroid 2009 PQ1.

Mengutip situs Phone Mantra, Senin, 3 Agustus 2020, asteroid kelompok Apollo ini ditemukan pada 14 Agustus 2009. Apollo masuk dalam kategori berbahaya bagi Bumi karena orbitnya yang melintasi orbit satu-satunya planet yang bisa dihuni manusia tersebut.

Diperkirakan, Asteroid 2009 PQ1 memiliki diameter 84 hingga 190 meter. Area terdekatnya akan terjadi pada 5 Agustus 2020 pukul 23:35 WIB. Asteroid ini juga memiliki kecepatan 13,4 kilometer per detik.

Jaraknya dengan Bumi akan mencapai 3,2 juta kilometer, delapan kali jarak Bumi Bulan. Jarak tersebut dikatakan tidak akan menimbulkan ancaman untuk Bumi. Asteroid ini akan kembali mendekati Bumi pada 2137.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Center of Near Earth Object Studies (CNEOS) NASA, beberapa Asteorid Apollo bisa menjadi ancaman bagi penduduk Bumi apabila berada pada jarak yang sangat dekat dengan planet satu-satunya yang dihuni manusia tersebut.

Misalnya, seperti Meteor Chelyabinsk yang memasuki atmosfer Bumi dan meledak di langit kota Chelyabinsk, Rusia pada 15 Februari 2013 dan diketahui memiliki ukuran 17 meter.

Sepanjang 20 tahun ini CNEOS NASA telah mendeteksi hampir 600 asteroid berukuran kecil yang memasuki Bumi, menciptakan bolide atau fireball (bola api).