Ledakan Bom di Beirut Lebanon Jadi Trending Topic Twitter

Ledakan besar terjadi di Ibukota Lebanon, Beirut, Selasa, 4 Agustus 2020.
Sumber :
  • Sky News.

VIVA – Ledakan dahsyat yang terjadi di ibu kota Lebanon, Beirut pada Selasa sore, 4 Agustus 2020 juga berdampak pada media sosial Twitter. Trending topic di barisan teratas diisi oleh peristiwa mengenaskan tersebut.

Dari pantauan VIVA Tekno pada Rabu pagi, 5 Agustus 2020, Lebanon menduduki trending topic nomor satu dengan jumlah tweet 2,25 juta. Sebagian besar warganet yang menggunakan topic ini dalam tweet-nya, mengunggah video saat terjadi ledakan atau ucapan belasungkawa.

"Apa yang terjadi [di Beirut] bukanlah ledakan kembang api, tetapi berasal dari bahan peledak (Natrium Nitrat) berdaya ledak tinggi hasil sitaan selama berbulan-bulan yang lalu dan seharusnya sudah dimusnahkan' - Jenderal Ibrahim (Direktur Jenderal Keamanan Publik Lebanon)," tulis akun @samiadjiee.

Ledakan yang seperti bom atom ini juga menjadikan 'Hiroshima' trending topic kedua dengan jumlah tweet 96,1 ribu. Kemudian topik selanjutnya yang ada diurutan ketujuh adalah #prayforbeirut yang sudah memiliki 94,5 ribu tweet.

"Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung".(QS.Ali'Imran:173) Semoga saudara-saudara kita di Lebanon di beri ketabahan dan Keikhlasan #PrayForLebanon #prayforbeirut," ujar akun @pcyra_.

Ledakan terjadi di area pelabuhan yang diduga disebabkan oleh bahan peledak yang disita selama bertahun-tahun dan disimpan di area tersebut. Pemerintah akan membentuk tim khusus untuk melakukan penyelidikan lebih mendalam.

Data terkini menyebut ada 70 orang yang tewas dan 2.750 luka-luka. Musibah ini menyebabkan bangunan bergetar hingga terputusnya akses listrik di sejumlah wilayah.