Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Kota di Jepang Bisa Luput dari 'Kiamat'

Jumat, 7 Agustus 2020 | 17:03 WIB
Oleh :
Foto :
  • bbc
Ilustrasi ledakan akibat bom atom.

 

Getty Images
Kota Kokura luput dari pemboman pada 9 Agustus 1945, selang beberapa menit bom atom kemudian dijatuhkan di kota Nagasaki.

Kota di Jepang bisa luput dari 'kiamat'. Kiamat yang dimaksud adalah bom atom yang dijatuhkan dari pesawat milik Angkatan Udara Amerika Serikat (US Air Force) saat Perang Dunia II.

Baca Juga

Sementara kota yang lolos dari kiamat bom atom AS adalah Kokura. Nama kota itu menjadi buah bibir di Jepang lantaran luput dari malapetaka. Bagaimana Kokura urung diluluhlantakkan?

Kini kota Kokura sudah tidak ada lagi, dulu Kokura merupakan salah satu kota yang pada 1963 bergabung menjadi menjadi satu dengan kota Kitakyushu, yang memiliki penduduk kurang dari satu juta.

Namun, nama Kokura mempunyai kenangan tersendiri bagi orang-orang Jepang, mengingat kehancuran yang melanda negeri itu hampir dua dasawarsa sebelumnya.

Kokura menjadi salah satu target kota yang akan dijatuhi bom atom di Jepang pada 1945, namun kota ini luput dari kehancuran yang mengerikan di hari-hari terakhir Perang Dunia II.

Memang, Kokura nyaris dibom pada 9 Agustus, sama seperti Hiroshima yang dijatuhi bom atom tiga hari sebelumnya.

Getty Images
Terkenal dengan kastel dari abad ke-17, Kokura kemudian bergabung dengan kota terdekatnya, Kitakyushu pada tahun 1963.

Namun senjata pemusnah itu tidak pernah dijatuhkan di sana, karena berbagai faktor memaksa Angkatan Udara AS mengalihkan sasarannya ke kota Nagasaki.

Peristiwa pengeboman tersebut diperkirakan telah menewaskan 140 ribu orang di Hiroshima dan 74 ribu jiwa di Nagasaki - sedangkan ribuan orang lainnya menderita efek radiasi selama bertahun-tahun berikutnya.

"Luck of Kokura" atau Keberuntungan Kokura menjadi ungkapan dalam bahasa Jepang untuk menggambarkan bagaimana kota itu lolos dari maut. Lantas, apa yang sebenarnya terjadi?

Langit diselimuti asap tebal

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler