Nikmatnya Kerja di Sini, Sudah WFH Dikasih Uang Jajan Tambahan

Facebook.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Facebook mengikuti jejak Google yang memperbolehkan karyawannya untuk kerja dari rumah (work from home/WFH) hingga Juli 2021 akibat pandemi Virus Corona COVID-19.

Selain itu, media sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut juga memberikan tunjangan atau uang jajan tambahan kepada para karyawannya sebesar US$1.000 atau sekitar Rp14,6 juta. Uang ini untuk keperluan kebutuhan rumah tangga.

Facebook memang tak mewajibkan karyawannya bekerja di kantor. Namun, bagi mereka yang memilih datang maka wajib menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan memakai masker dan jaga jarak.

"Berdasarkan panduan dari ahli kesehatan dan pemerintah, serta keputusan yang diambil dari diskusi internal kami tentang masalah ini, maka kami mengizinkan karyawan untuk terus bekerja secara sukarela dari rumah hingga bulan Juli 2021," demikian keterangan resmi Facebook, dikutip dari situs TechCrunch, Minggu, 9 Agustus 2020.

Kendati demikian, Facebook belum menanggapi apakah karyawannya bisa bekerja dari rumah secara permanen. Facebook telah melengkapi kembali pendekatannya ke kantor fisik setelah pandemi COVID-19, bahwa akan mendirikan pusat perusahaan baru di beberapa kota AS seperti Denver, Dallas, dan Atlanta.

Kepala Eksekutif Facebook Mark Zuckerberg mengatakan bahwa selama dekade berikutnya setengah dari perusahaan dapat bekerja sepenuhnya dari jarak jauh. Namun, ia tidak mengatakan jenis pekerjaan apa saja yang bisa bekerja dari jauh.

Sebelumnya, Zuckerberg juga sempat menyatakan bahwa dirinya belum melihat kemungkinan untuk membuat pegawainya kembali kerja di kantor atau WFH.

Sebab, jumlah kasus positif COVID-19 di Amerika Serikat (AS) kian meningkat. Ia pun cukup kritis menilai pemerintahan Presiden Donald Trump dalam membuat kebijakan untuk penanganan pandemi.

Sementara Google telah resmi mengumumkan perpanjangan masa WFH seluruh karyawannya satu tahun ke depan, atau dari akhir Juli 2020 hingga Juli 2021. Adapun Twitter sebelumnya juga sempat membuat keterangan, karyawannya diizinkan untuk kerja dari rumah untuk waktu yang tidak dibatasi.