Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Bongkahan Es Mencair dalam Skala Tidak Normal

Senin, 24 Agustus 2020 | 07:00 WIB
Oleh :
Foto :
  • bbc
Bongkahan es di Greenland.

 

BBC

Sejumlah ilmuwan menyatakan bongkahan es di Greenland kembali mencair pada 2019, memecahkan rekor sebelumnya sebesar yang mencapai 15 persen.

Baca Juga

Sebuah analisis baru menyebut bahwa skala pencairan itu "belum pernah terjadi sebelumnya" dalam catatan sejak 1948.

Sistem bertekanan tinggi yang terhalang di Greenland musim panas lalu disebut sebagai penyebab langsung mencairnya lapisan es tersebut.

Namun, para peneliti menilai bahwa emisi karbon yang terus bertambah mendorong Greenland ke tahap pencairan yang lebih ekstrem.

Selama lebih dari 30 tahun terakhir, kontribusi Greenland terhadap makin tingginya permukaan laut terus-menerus signifikan, seiring dengan semakin banyaknya lapisan es yang mencair.

Sebuah laporan internasional tentang Greenland yang dirilis Desember lalu menyimpulkan, wilayah itu kehilangan es tujuh kali lebih cepat ketimbang selama dekade 1990-an. Saat ini sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa tren itu masih terus berlanjut.

Menggunakan data dari satelit Grace dan Grace-FO, serta model iklim, para peneliti menyimpulkan bahwa selama setahun penuh Greenland kehilangan 532 gigaton es. Ini adalah peningkatan yang signifikan dibandingkan pada 2012.

Para peneliti mengatakan mencairnya lapisan es Greenland itu setara kenaikan permukaan air laut setinggi 1,5 milimeter. Angka itu sekitar 40?ri kenaikan rata-rata muka laut dalam satu tahun.

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler