Google Lens Bisa Bantu Kerjakan PR Matematika

Google Lens pada ponsel.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Terkadang memang sulit mengerjakan soal-soal tugas sekolah. Namun, Google baru saja menambahkan filter baru pada layanan Google Lens untuk membantu menyelesaikan Pekerjaan Rumah atau PR.

Google Lens diberikan tambahan filter bernama Homework. Fitur tersebut ternyata bisa membantu mengerjakan soal matematika dan sains.

Mengutip laman 9to5google, Selasa 25 Agustus 2020, fitur ini memiliki ikon topi kelulusan. Homework akan meminta penggunanya untuk mengambil gambar dari PR yang sedang dilakukan.

Hasil gambarnya bisa untuk membingkai soal matematika hingga pertanyaan yang cukup panjang. Setelah mengklik capture, Google Lens akan menyoroti semua pertanyaan.

Memilih salah satu pertanyaan pada Google Lens akan diminta memilih menyalin teks, mengirimkan ke komputer lewat Chrome, atau mengedit persamaan matematika.

Untuk matematika, terdapat kartu yang diberi nama Steps to Solve. Ini akan memberikan sejumlah pilihan, misalnya menyelesaikan formula kuadrat atau pemfaktoran. Google Lens tidak serta merta mengerjakan PR saja, namun juga menyediakan langkah-langkah untuk menyelesaikan soal-soal itu.

Sedangkan pada pertanyaan sains, filter Google Lens menampilkan Knowledge Panel. Kartu ini akan menunjukkan grafik dan penjelasan soal konsep dasar hingga kunci lain dan masalah serupa.

Menurut Google, fitur ini akan membuat penggunanya membantu meningkatkan pemahaman mengenai topik inti yang dimaksud.