Intip Persiapan Operator Telekomunikasi Jelang PSBB Total DKI Jakarta

Ilustrasi operator telekomunikasi.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Saat Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB Total akan diterapkan di Provinsi DKI Jakarta pada Senin depan, 14 September 2020, hanya ada 11 bidang usaha essential yang tetap beroperasi. Salah satunya sektor komunikasi dan telekomunikasi informatika.

Sejumlah operator telekomunikasi juga siap-siap untuk tetap menyelenggarakan layanan saat PSBB Total berlangsung nanti akibat masih merebaknya pandemi COVID-19. Berikut persiapan lima operator telekomunikasi saat PSBB Total DKI Jakarta yang dirangkum VIVA Tekno, Kamis, 10 September 2020:

Baca: Operator telekomunikasi Jangan Coba-coba Pakai Jurus Mabuk

Smartfren

Customer Service tetap beroperasi normal. Untuk Call Center dapat dihubungi 24 jam lewat 888 dari nomor Smartfren atau 021-50100000 dan 08811223344 dari nomor lain.

Untuk Galeri Smartfren tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan peraturan PSBB seperti pengecekan suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer, dan wajib menggunakan ,masker bagi pegawai untuk pengunjung.

Vice President Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo mengaku siap mengoptimalkan jaringannya saat PSBB. "Jaringan Smartfren sudah 100 persen 4G, selalu dipantau secara intensif selama 24 jam dan dikelola secara dinamis, jadi menyesuaikan pergerakan kepadatan trafik," ungkapnya.

Selain itu, Munir melanjutkan, terus melakukan proses optimasi jaringan untuk menjamin pelanggan bisa mendapatkan kualitas maksimal ketika WFH atau SFH menggunakan konferensi video.

XL Axiata

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih, mengaku sudah melakukan pembangunan infrastruktur sejak awal pandemi hingga saat ini, termasuk memasang BTS yang dikatakan masih berjalan sesuai rencana. Ia juga menuturkan, secara keseluruhan, tidak ada pelambatan atau penundaan implementasi yang ada di lapangan.

Sedangkan terkait layanan customer service, Tri mengatakan saat ini masih beroperasi dengan sangat ketat dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. "Kecuali, yang berada di mal dan akan ditutup selama PSBB berlangsung mengikuti waktu operasional mal tersebut," ujarnya.

Indosat Ooredoo

Sejak awal pandemi COVID-19, Indosat masih melanjutkan work from home (WFH) bagi seluruh karyawannya. Namun, untuk fungsi yang critical, troubleshooting, dan buildings control yang memerlukan hadir di kantor tetapi mengikuti protokol kesehatan seperti dilengkapi dengan surat tugas, melakukan self assesment dan keterangan surat sehat.

SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk, menyatakan bagi layanan pelanggan Indosat terus bersiaga membantu kendala yang dihadapi. Ia juga membuka sejumlah kanal media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram, atau aplikasi MyIm3, website resmi, email cs@indosatooredoo.com, dan telepon ke *185# untuk bisa dihubungi pelanggan.

"(Layanan customer service) Tetap beroperasi seperti biasa dengan mengikuti protokol kesehatan dan peraturan pemerintah. Khusus yang berlokasi di mall, akan mengikuti kebijakan mall masing-masing," kata Turina.

Tri Indonesia

Tri juga memiliki kanal untuk masyarakat jika ada yang ingin mengadukan masalah terkait jaringan salah satunya melalui media sosial. Terkait karyawan, Wakil Direktur Utama Tri Indonesia, Danny Buldansyah, mengatakan masih melakukan work from home (WFH) 100 persen.

Namun, memang ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan langsung ke lapangan. "Rasanya tidak ada (pengaruh ke layanan publik). Karena, pada saat awal PSBB kami sudah punya SOP khusus," ungkapnya.

Telkomsel

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, menyatakan telah menerapkan kebijakan WFH sejak 17 Maret hingga saat ini, dengan menyesuaikan perkembangan status pandemi yang ditetapkan pemerintah.

Ia menambahkan terkait pengamanan kualitas jaringan di Jakarta, Telkomsel telah melakukan penambahan dari unit BTS 4G LTE hingga mengoptimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki.

Untuk layanan kepada pelanggan, Denny mengatakan jika sejak awal pandemi, Telkomsel telah melakukan penyesuaian jam operasional dan menerapkan aturan protokol kesehatan bagi petugas dan pelanggan yang berada di Grapari.

"Khusus lokasi di dalam mal atau pusat perbelanjaan, kami berkoordinasi dengan pengelola setempat dan mengikuti penyesuaian jam operasional," jelas Denny. Selain itu Telkomsel juga membuka kanal layanan pada customer secara digital. Mulai dari call Center hingga akun resmi di sejumlah media sosial.