PSBB Diterapkan, Trafik Internet Langsung Melejit

Program kuota internet Telkomsel.
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA – Pandemi COVID-19 mengubah kebiasaan masyarakat dunia dalam beraktivitas, termasuk menggunakan layanan internet. Operator telekomunikasi pelat merah Telkomsel mencatat ada perubahan peningkatan trafik internet pengguna, baik sebelum maupun sesudah munculnya wabah ini di Indonesia.

"Terjadi kenaikan (trafik internet) yang cukup signifikan saat PSBB (pembatasan sosial berskala besar) mulai berlangsung. Sebelum adanya pandemi dan tren work from home kita lihat kenaikan trafik, kenaikan internet cukup landai. Rata-rata hanya 1,1 persen per bulan," kata GM Enterprise Prime Segment and Digital Network Telkomsel, Wahyudi Purnama, dalam Talkshow Forwat: Seberapa Produktif di Masa Pandemi, Rabu, 30 September 2020.

Ia juga mengungkapkan, dari Februari ke Maret tahun ini, terdapat kenaikan trafik internet Telkomsel yang mencapai 6,5 persen. Saat itu masyarakat sudah mulai melakukan aktivitas di rumah, termasuk bekerja.

Sementara pada Maret ke April 2020, aktivitas masyarakat sudah bekerja di rumah dan juga sejumlah wilayah mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.

Hal itu membuat trafik internet kian menanjak, yaitu 7,6 persen. "Tapi setelah itu sampai dengan bulan Juli kemarin cukup flat. Ada fenomena menarik ketika memasuki bulan Agustus, karena ada kenaikan lagi yang cukup signifikan," ungkap Wahyudi.

Ia menjelaskan kenaikan trafik internet menyentuh 8,3 persen pada Agustus kemarin. Menurutnya, kenaikan itu karena adanya sejumlah peluncuran produk di Telkomsel, yang salah satunya paket unlimited di beberapa kota serta perilisan Wifi rumah lewat Orbit pada akhir Juli 2020.

"Untuk mendukung inisiatif pemerintah dalam memberikan akses pembelajaran online terjangkau, Telkomsel menghadirkan paket akses untuk pembelajaran online. Terakhir bekerja sama dengan Disney Hotstar menghadirkan layanan video membawa film-film Disney dalam smartphone pelanggan," jelas Wahyudi.

Perubahan perilaku pelanggan terjadi di wilayah-wilayah bisnis seperti DKI Jakarta dan Kota Surabaya, serta kota wisata lainnya yaitu Bandung dan Denpasar. Di keempat kota itu trafik internet Telkomsel mengalami penurunan hingga mencapai minus 6,4 persen.

Sementara pola penggunaan internet di wilayah perumahan mengalami peningkatan selama pandemi COVID-19 di Indonesia sebesar 17 persen. Pengguna Telkomsel juga melakukan akses internet cukup banyak saat jam-jam produktif.

"Kita mengamati kenaikan internet selama periode produktif, pukul 08.00 sampai 17.00. Apalagi kalau sedang online di aplikasi Zoom, itu lebih tajam lagi. Biasanya pukul 08.00 sampai 11.00 pagi. Saat itu kenaikannya bisa sampai 41 persen," tutur Wahyudi.