Pengguna Instagram Bisa Chat Lintas Platform

Aplikasi Instagram.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Instagram telah memberikan informasi mengenai integrasi dengan Messenger. Pengumuman itu diletakkan di laman feed platform tersebut.

Pantauan VIVA Tekno, Selasa 26 Oktober 2020, pengumuman ini sudah tersedia di aplikasi versi Android dan iOS. Tertulis jika Instagram menperkenalkan pesan antar aplikasi.

Baca juga: Gojek Terima Penitipan Helm

"Memperkenalkan pesan antar aplikasi. Sekarang Anda bisa mengirim pesan pada orang yang memiliki akun Facebook dan mereka juga bisa menemukan Anda dan mengirim pesan juga," tulis pihak Instagram.

Pemilik akun Instagram diharuskan memperbarui aplikasi sebelum bisa menggunakan layanan antar platform itu. Setelah update, ikon DM akan berubah seperti ikon layanan chat Facebook, yakni bubble percakapan dengan tanda petir.

Notifikasi yang sama juga ditemui, saat VIVA Tekno menggunakan layanan chat Messenger.

Untuk menggunakannya, tinggal mencari nama orang yang ingin dikirim pesan baik dari Messenger atau Instagram DM. Pengguna bisa chat teman atau keluarga, walaupun hanya terhubung di salah satu platform.

Layanan ini membuat pengguna tak perlu mengganti aplikasi untuk mengirim pesan ke pengguna di platform lain. Jadi, bila hanya memiliki akun Instagram tetap bisa menghubungi teman dengan akun Facebook tanpa keluar dari aplikasi berbagi foto itu.

Dalam pemberitahuan itu juga dijelaskan, jika layanan baru tidak akan mengubah siapa yang dapat melihat Stories atau unggahan feed Instagram.

Pihak platform juga menyediakan Message Control untuk pengguna bisa memutuskan akun mana saja yang mengirim pesan dan aplikasi mana untuk membalasnya.

Integrasi ini sudah menjadi wacana lama Facebook. Tak hanya Messenger dan Instagram, kemungkinan seluruh platform di keluarga Facebook akan menjadi satu, termasuk WhatsApp.

Kepala Eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg, beralasan integrasi ini untuk memudahkan pengguna saat mengirim pesan di seluruh aplikasi naungan Facebook.