Sebegitu Mudahnya Netflix Keluarkan Uang Rp14 Triliun

Paket Netflix
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Netflix merogoh kocek sebesar US$1 miliar atau hampir Rp14 triliun untuk mendirikan rumah produksi film terbesar yang berlokasi di Studio ABQ di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat (AS).

Dalam pengumuman bersama Gubernur New Mexico Michelle Lujan Grisham dan Wali Kota Albuquerque Tim Keller, Kepala Eksekutif Netflix, Ted Sarandos, mengaku akan menambah 300 hektare lahan yang ada di Studio ABQ untuk menciptakan salah satu fasilitas produksi film terbesar di Amerika Utara.

Baca: Jumlah Pelanggan Disney Plus Bikin Kaget

Itu artinya membutuhkan sekitar seribu pekerjaan produksi baru di New Mexico selama 10 tahun ke depan, serta 1.467 pekerjaan konstruksi tambahan untuk menyelesaikan perluasan studio.

“Kami telah memperluas insentif film kompetitif di negara bagian kami, memfasilitasi pekerjaan berupah lebih tinggi bagi warga Meksiko di seluruh negara bagian, dan meningkatkan peluang bagi masyarakat pedesaan,” kata Grisham, seperti dikutip dari situs TechCrunch, Selasa, 24 November 2020.

Pemerintah Negara Bagian New Mexico menyediakan anggaran sebesar US$17 juta atau Rp238 miliar dan Kota Albuquerque sebanyak US$7 juta (Rp98 miliar), termasuk US$6 juta (Rp84 miliar) dalam bentuk pembiayaan infrastruktur.

Bukan itu saja. Kota Albuquerque juga menerbitkan obligasi atau surat utang untuk mengurangi properti dan pajak lainnya selama jangka waktu 20 tahun untuk menutupi investasi sebesar US$500 juta (Rp7 triliun) tahap pertama Netflix untuk membangun fasilitas produksi.

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, Netflix juga telah setuju untuk menyewa 130 hektare dari Kantor Pertanahan Negara, selain pembelian lahan pribadi seluas 170 hektare lainnya.

Sekretaris Kabinet Departemen Pembangunan Ekonomi New Mexico, Alicia J. Keyes, mengatakan kesepakatan ini pada akhirnya dapat menghasilkan pemasukan senilai US$2,5 miliar (Rp35 triliun) ke kas negara bagian tersebut.

"Kami juga berkomitmen untuk mendukung pembuat konten dan film asli New Mexico, Latino, kulit hitam, serta yang lainnya yang kurang terwakili selama ini," ungkap Sanderos. Pembuatan film di New Mexico saat ini di antaranya The Harder They Fall, Intrusion, dan Stranger Things untuk episode yang baru.