Instagram Dilaporkan Tumbang Jelang Maghrib

Logo Instagram di kantor pusatnya di New York, Amerika Serikat (AS).
Sumber :
  • Instagram/@elena_gavin354

VIVA – Situs Down Detector mendapat laporan bahwa media sosial Instagram mengalami gangguan pada Jumat, 18 Desember 2020. Pemadaman dimulai sejak pukul 17.41 dan dilaporkan padam oleh 74 pengguna.

Sebanyak 56 persen pengguna Instagram di Tanah Air mengalami kesalahan di fitur News Feed, 26 persen masalah login, serta 17 persen postingan.

"Baru buka udah langsung keluar... Apa apaan ini #instagramdown," tulis pengguna Twitter @lestar_winda.

"Everyone's been complaining about @instagram notifications issues, but now the app crashes every time I just scroll down the timeline? What is?," tulis akun @RealAGAME.

Awal pekan ini beberapa aplikasi Google telah tumbang. YouTube down pada Senin, 14 Desember 2020 pukul 18.50 WIB. Disusul Google pukul 18.53 WIB, dan Gmail pada pukul 18.57 WIB.

Perwakilan Google membeberkan penyebab tumbangnya sejumlah layanan Google pada pukul 03.47 PT atau 18.47 WIB.

Perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat (AS) itu mengalami gangguan sistem autentikasi sekitar 45 menit karena masalah kuota penyimpanan internal.

"Layanan yang mengharuskan pengguna untuk log in mengalami tingkat kesalahan tinggi selama periode ini. Masalah sistem autentikasi diselesaikan pada jam 04.32 PT atau 19.32 WIB," kata Google dalam keterangan resmi.