Pilih-pilih Aplikasi Pengganti WhatsApp

Telegram, Signal dan WhatsApp.
Sumber :
  • Kr-Asia

VIVA – WhatsApp segera mengubah kebijakannya pada awal Februari 2021 mendatang. Namun, ternyata masalah ini menjadi sorotan, karena perusahaan akan berbagi data dengan perusahaan induknya, Facebook.

Jika kamu adalah salah satu orang yang tidak setuju untuk berbagi data dengan Facebook, ada lima alternatif aplikasi perpesanan instan selain WhatsApp, yang dikutip dari situs How to Geek, Sabtu 16 Januari 2021.

Signal

Signal berada di garis depan terkait pengganti WhatsApp. Popularitasnya melonjak karena sikap perusahaan terhadap privasi pengguna. Signal adalah aplikasi terenkripsi end-to-end, seperti WhatsApp.

Aplikasi menjanjikan bahwa semua data pengguna dienkripsi dan tidak dapat dilihat oleh Signal atau pihak ketiga. Mereka adalah perusahaan yang relatif kecil, yang dijalankan oleh organisasi nirlaba dan bertahan melalui donasi.

Signal.

Photo :
  • Onmanorama

Telegram 

Telegram telah disebut-sebut sebagai alternatif terbaik untuk WhatsApp sejak lama, karena sikapnya terhadap privasi dan rangkaian fitur di dalamnya. Layanan memungkinkan Anda membuat grup hingga 200 ribu anggota dan berbagi file hingga 2GB secara gratis.

Meski aplikasi terenkripsi end-to-end, obrolan biasa tetap tersimpan di server Telegram. Jika pengguna ingin obrolan yang dienkripsi dari perangkat ke perangkat, Anda dapat menggunakan fitur Mode Rahasia.

Setelah fitur diaktifkan, pesan hanya disimpan di ponsel user. Jika satu orang menghapus pesan, itu juga akan otomatis terhapus dari kedua perangkat.

Aplikasi Telegram

Photo :
  • Telegram

Discord 

Karir Discord dimulai sebagai platform obrolan game. Tetapi sekarang telah berkembang menjadi lebih dari itu dan bisa menjadi alternatif pengganti WhatsApp. Aplikasi ini berbasis server, tetapi juga memiliki fitur pesan pribadi yang sangat mirip dengan WhatsApp.

Tab 'Teman', berfungsi untuk menambahkan teman menggunakan nama pengguna atau tag pemain. Anda kemudian dapat menggunakan Discord untuk perpesanan pribadi, obrolan grup, panggilan grup, berbagi media, dan banyak manfaat lainnya.

Keybase

Keybase memiliki fitur pesan terenkripsi end-to-end yang dapat digunakan untuk obrolan pribadi, grup, dan tim. Keybase adalah aplikasi sumber terbuka dan menggunakan kriptografi kunci publik untuk melindungi pesan. Pesan, media, dan transfer file telah dilindungi, bahkan pihak Keybase tidak dapat membaca pesan user.

Threema

Threema menangani keamanan dengan sangat serius dan mengenakan biaya untuk penggunanya sebesar US$2,99 atau Rp42 ribu saat mengunduh aplikasi. User akan mendapat enkripsi end-to-end untuk semua data yang melewati layanan perpesanan, termasuk pesan, panggilan video, file, bahkan pembaruan status.

Perusahaan memungkinkan pengguna mengobrol secara anonim dan tidak perlu menautkan nomor telepon atau email ke akun. Layanan menghasilkan ID Threema acak saat pertama kali user menggunakan aplikasi, yang kemudian dapat digunakan untuk bisa berkomunikasi dengan pengguna lainnya.