Amazon Ubah Logo karena Dinilai Mirip Adolf Hitler

Logo Amazon mirip kumis Adolf Hitler.
Sumber :
  • bbc

Amazon dengan cepat mengubah logo aplikasi belanja utamanya, setelah para komentator mengatakan rancangan ulang terbarunya terlihat seperti Adolf Hitler. Diluncurkan pada Januari, logo itu menampilkan selotip warna biru di atas logo "senyum" Amazon.

Namun sejumlah pengamat menganggap logo yang mirip kumis sikat gigi itu, terkait dengan sang diktator Nazi.

Raksasa teknologi itu kini telah mengubah desain tersebut menjadi selotip biru yang terlipat, mengikuti saran para pelanggan. Amazon mengatakan kepada BBC News bahwa ikon yang pertama sudah diuji coba di beberapa negara sebelum diubah.

Pimpinan agen branding dan desain Coley Porter Bell yang berbasis di London dan New York, Vicky Bullen, mengatakan:

"Sayangnya bagi Amazon, visualisasi logo awal mereka berupa selotip parsel mereka akan serta-merta dikaitkan sebagai kumis ala Hitler. Karena, bentuk seperti itu selamanya tertanam di otak [bawah sadar] kita bukan yang terbaik bagi perusahaan dengan citra ingin menciptakan kesenangan di depan pintu”.

Logo aplikasi belanja online yang muncul di smartphone dan tablet sebelumnya memperlihatkan grafik berlatar troli belanja.

Desain baru itu agaknya didasarkan pada parsel Amazon warna coklat, dengan senyum khas perusahaan dan selotip warna biru.

Amazon berujar: "Kami merancang ikon baru untuk mencetuskan harapan, kegembiraan, dan rasa senang saat pelanggan memulai aktivitas belanja mereka melalui ponsel, seperti yang mereka lakukan saat melihat kotak paket kami di depan pintu."

Seorang pelanggan mentweet: "Orang tua saya menggunakan Amazon hampir setiap hari.

"Mereka bakal kehilangan selama beberapa hari ke depan.

"Ketika mereka bertanya ke mana Amazon pergi, saya akan memberi tahu mereka untuk mencari kardus Hitler."

Pelanggan lainnya mengatakan: "Ini bukan hanya selotip Scotch yang robek, ini adalah selotip Scotch robek yang memiliki bentuk serupa dan tepat di atas mulut yang tersenyum.

"Bagi saya, ini terlihat seperti kardus Adolf dengan senyum tipis bahagianya."

Pendiri desain merek Studio LWD, Laura Weldon, mengatakan: "Merek berubah dan menyesuaikan logonya sepanjang waktu.

"Itu mencerminkan hal yang baik bagi Amazon bahwa mereka mendengarkan suara pelanggannya.

"Jelas mereka peduli dengan apa yang dikatakan pelanggannya dan menempatkan pelanggan pada inti dari apa yang mereka lakukan.

`Benar-benar mengerikan`

Wajah Adolf Hitler begitu mudah dikenali sehingga banyak orang mengaku "melihat" sosoknya pada benda mati.

Pada tahun 2011, sebuah foto rumah di Swansea yang menyerupai sang diktator menjadi viral.

Beberapa tahun kemudian, seorang pria mengaku "benar-benar merasa ngeri" ketika foto paspor barunya membuatnya terlihat seperti Hitler.

Dan kesalahan merek yang terkait dengan Nazi juga sering terjadi.

Pada 2002, merek olahraga Umbro dikritik setelah salah satu pelatihnya diketahui memiliki nama yang sama dengan gas beracun yang digunakan Nazi untuk membunuh jutaan orang di seluruh Eropa.