Saling Topang OTT Lokal

Layanan over the top (OTT).
Sumber :
  • Dignited

VIVA – Sepanjang tahun lalu, industri film Indonesia diramaikan dengan membanjirnya film-film lewat layanan streaming video atau dikenal over the top (OTT). Ada dua jenis OTT, asing dan lokal. Untuk OTT asing, sebut saja Netflix dan Disney Plus Hotstar. Sedangkan OTT lokal, seperti Vidio, Maxstream, Mola TV, dan Vision Plus.

Menurut Hootsuite dan We Are Social, sebanyak 202,6 juta orang Indonesia menggunakan internet hingga 2021. Sementara total penduduknya mencapai 274,9 juta jiwa. Jadi, sudah 73,7 persen warga Indonesia sudah berselancar di dunia maya.

Baca: Siap-siap Nostalgia dengan Remote Control Ini

Tidak hanya pengguna internet Indonesia yang naik. Jumlah perangkat mobile yang terkoneksi juga melonjak menjadi 345,3 juta dan pengguna yang aktif di media sosial berbagai platform bertambah 10 juta menjadi 170 juta orang.

Persentase pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun yang memiliki masing-masing jenis perangkat, yaitu mobile phone (98,3 persen), smartphone (98,2 persen), non-smartphone mobile phone (16 persen), laptop/desktop (74,7 persen), dan tablet (18,5 persen).

Selanjutnya, TV streaming (6% persen), konsol game (16,2 persen), perangkat smarthome (5,7 persen), smartwatch/wristband (13,3 persen), serta perangkat virtual reality (4,2 persen). Hal ini tentu menjadi 'makanan empuk' layanan OTT untuk menarik pengguna baru. Salah satunya Vision Plus.

Director of OTT Product, Marketing, & Programming MVN, Clarissa Tanoesoedibjo, mengatakan platformnya semakin memudahkan pengguna dalam hal mengakses konten-konten yang beragam dan tentunya berkualitas kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Untuk itu, sebagai aplikasi penyedia layanan OTT lokal, Vision Plus, menggandeng aplikasi Maxstream dari Telkomsel sebagai mitra yang bertujuan menghadirkan ragam konten mulai hari ini.

"Para pelanggan Maxstream bisa menikmati tayangan TV nasional hingga film-film original yang tersedia di Vision Plus. Untuk kolaborasi tahap awal ini kami hadirkan konten-konten tersebut secara gratis," katanya, Jumat, 16 April 2021.

Pada kesempatan yang sama, Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Nirwan Lesmana, menuturkan bahwa kolaborasi dengan Vision Plus memperkuat komitmen dalam memberikan pengalaman gaya hidup digital.

"Aplikasi kami memberikan nilai tambah bagi pengguna untuk mengakses seluruh konten premium dari berbagai saluran video on-demand, maupun TV lokal dan internasional dari Vision Plus," ungkap dia.

Saat ini, Maxstream menyediakan 56 saluran televisi lokal dan internasional, 14 platform OTT, serta lebih dari 10 ribu koleksi film dan serial. Aplikasi milik Telkomsel itu tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store, serta lebih dari 30 juta total unduhan. Totalnya, Maxstream mencatat 130 juta total views dan 55 juta menit waktu menonton per bulan.