Cara Aman Punya Teman Baru di Dunia Maya

Ilustrasi main gadget dan chatting
Sumber :
  • Pixabay/DariuszSankowski

VIVA – Kehadiran internet seolah membuka dunia baru bagi masyarakat. Mereka bisa melihat banyak keajaiban dan pemandangan indah, cukup melalui layar ponsel.

Demikian pula adanya beragam aplikasi, yang dibuat untuk memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai hal. Seperti menyelesaikan pekerjaan, hingga menikmati hiburan.

Bahkan, munculnya aplikasi pesan instan dan media sosial membuat seseorang bisa berkenalan dan berbincang akrab dengan teman barunya, yang berada di belahan benua lain dan kemudian memutuskan untuk bertemu.

Meski demikian, Chief Representatives Officer MiChat Indonesia, Gerald Mursjid mengatakan bahwa bukan berarti cara tersebut sepenuhnya aman dan bebas dari masalah. Sudah banyak kasus, di mana kekerasan dan kejahatan terjadi pada mereka yang baru saja berkenalan di dunia maya.

Gerald menjelaskan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tetap aman saat berkomunikasi dengan teman baru di platform MiChat dan jika memutuskan untuk melakukan pertemuan.

“Kami sangat senang ketika pengguna dapat menemukan teman baru. Tapi, kami ingin mengingatkan pengguna untuk selalu menjaga diri dan mempertimbangkan beberapa hal sebelum bertemu dengan teman baru mereka,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Jumat 30 April 2021.

Berikut tips yang diberikan MiChat:

Lindungi informasi pribadi
Jangan pernah membagikan informasi pribadi seperti nomor ponsel, rekening bank dan alamat rumah kepada orang yang baru dikenal.

Laporkan perilaku mencurigakan dan menyinggung
Blokir dan laporkan siapa saja yang melanggar ketentuan. Beberapa contoh pelanggaran yakni pelecehan dan penindasan, rasisme, pornografi, prostitusi, penipuan.

Gali informasi lebih jauh
Sebelum bertemu dengan teman baru, pastikan Anda sudah mengetahui dan mengenal pribadi orang tersebut. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melihat akun- akun sosial medianya, atau menggunakan Google untuk memastikan reputasi orang tersebut.

Bertemu di tempat umum dan ajak teman
Jika akhirnya setuju untuk bertemu teman baru, atur waktu dan tempat untuk bertemu di tempat umum di mana Anda merasa aman. Usahakan juga untuk membawa sahabat, agar pertemuan berjalan dengan aman.

Jika ragu, tinggalkan
Anda selalu memegang kendali atas diri sendiri, jangan merasa tertekan. Jika suatu saat merasa tidak nyaman, akhiri pertemuan dengan teman baru itu. Jangan takut untuk pergi.