Berhasil Sentuh Matahari, Wahana Antariksa NASA Cetak Rekor

Matahari.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Pesawat luar angkasa tanpa awak milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil melayang melintasi angkasa dan menyentuh Matahari. Parker Solar Probe semakin dekat dengan Matahari sekaligus secara resmi menjadi objek buatan manusia tercepat yang pernah dibuat.

NASA menilai ada banyak cara untuk menyentuh Matahari. Bintang itu memiliki lapisan yang berlapis-lapis dan efeknya meluas jauh dari intinya. Dalam kasus ini, wahana antariksa tanpa awak tersebut telah melihat sekilas atmosfer luar Matahari yang panas.

Parker Solar Probe berada sekitar 6 juta mil dari bintang induk Bumi. Pesawat luar angkasa ini juga menjadi objek buatan manusia tercepat dengan kecepatan 330 ribu mph, seperti dikutip dari The Sun, Jumat, 7 Mei 2021.

Kecepatannya telah memecahkan rekornya sendiri pada Februari tahun lalu ketika wahana nirawak itu mencapai kecepatan 244.255 mph. Ini adalah kecepatan yang sangat tinggi seperti wahana dapat mengelilingi Bumi dalam waktu kurang dari lima menit dan mencapai Bulan dalam waktu kurang dari satu jam.

Parker Solar Probe NASA menggunakan orbit yang membawanya mengelilingi Venus menggunakan gravitasi planet untuk membawanya semakin dekat ke Matahari. Setiap lintasan akan membuat kecepatan total wahana antariksa itu semakin meningkat.

Pesawat tangguh tersebut pada akhirnya akan mendekati jarak 4,3 juta mil serta akan mencapai kecepatan hingga 430 ribu mph atau sekitar 0,064 persen kecepatan cahaya.

Selama perjalanan, Parker Solar Probe akan bertahan pada suhu 1.300 derajat Celcius. Parker Solar Probe merupakan salah satu misi NASA yang paling menarik. Pesawat itu diluncurkan kembali pada 2018 dan bertugas mengamati korona luar Matahari.

NASA telah melacak delapan lintasan untuk mengelilingi Matahari dengan perkiraan mencapai 24 perjalanan. Misi tersebut akan berakhir pada 2025, tetapi bisa diperpanjang jika NASA menginginkannya. Kemungkinan Parker Solar Probe akan berputar mengelilingi Matahari secara perlahan yang pada akhirnya akan menghancurkan dirinya sendiri.