Ada yang Mengejutkan dari Milenial Berpenghasilan Rp2 Juta

E-commerce.
Sumber :
  • DealStreetAsia

VIVA – Indonesia merupakan salah satu negara dengan perkembangan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, dengan e-commerce menjadi industri utama yang mendorong pertumbuhan tersebut.

Di balik angka pertumbuhan yang sangat tinggi, perilaku konsumen menjadi elemen penting untuk memahami tren bisnis maupun peluang bagi para merchant bahkan platform e-commerce itu sendiri untuk terus dapat beradaptasi di tengah pandemi COVID-19.

Berdasarkan riset yang dilakukan Kredivo dan Katadata Insight Center yang berjudul Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia 2021 menunjukkan rata-rata nilai transaksi e-commerce mengalami kenaikan pada hampir semua kategori produk pada 2020 dibandingkan 2019.

Pengguna metode pembayaran paylater ikut meningkat selama pandemi COVID-19. Dari konsumen yang menyatakan pernah menggunakan paylater, mayoritas atau 55 persennya adalah pengguna baru yang merupakan generasi milenial.

Selain untuk membeli kebutuhan mendesak atau berbelanja dengan cicilan pendek, sebanyak 41 persen konsumen memilih fitur paylater untuk mengontrol cashflow (pengeluaran bulanan).

Mayoritas responden mengatakan paylater adalah alternatif kredit serta membuat mereka mudah memperoleh kredit. Lalu, sebanyak 90 persen dari mereka juga mengaku puas menggunakan layanan tersebut, khususnya terkait dengan durasi proses persetujuan, pengalaman transaksi, dan syarat pengajuan.

"Pandemi COVID-19 telah mengubah banyak hal dalam keseharian kita, termasuk perilaku kita saat melakukan transaksi digital. Kami optimis dengan berbagai temuan ini mampu mendorong perusahaan melayani 10 juta pelanggan di tahun 2025," kata Vice President Marketing and Communications Kredivo, Indina Andamari, Rabu, 9 Juni 2021.

Pertumbuhan paylater diperkirakan menjadi yang tercepat di e-commerce dalam kurun waktu satu tahun terakhir. "Dalam mendukung pertumbuhan industri e-commerce, perlu lebih banyak pilihan pembayaran digital untuk kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen," ujar Direktur Riset Katadata Insight Center, Mulya Amri.

Riset ini dianalisis melalui survei online yang berlangsung pada 26-30 Maret 2021, yang melibatkan 3.560 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Pengguna paylater didominasi generasi milenial dengan penghasilan Rp2-4 juta per bulan.