Gandeng Fintech, Bank Agresif Jualan Layanan Digital

Fintech.
Sumber :
  • Erpinnews

VIVA – Bank dan perusahaan rintisan teknologi keuangan (startup fintech) mesti kolaborasi untuk memperluas jangkauan layanan yang belum tersentuh perbankan (unbankable) menjadi bankable, serta masyarakat yang belum memanfaatkan digitalisasi.

Dengan digitalisasi, perbankan bisa menjangkau masyarakat atau pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang belum bisa menikmati layanan keuangan.

Selain itu, bank bisa berkolaborasi dengan jasa keuangan lain, seperti peer-to-peer (fintech P2P) lending, marketplace, atau e-commerce yang memiliki jaringan, kemudahan, dan akses lebih luas.

Namun harus diingat, digitalisasi sejatinya adalah peluang bukan ancaman bagi perbankan. Sebab, jika ada bank yang tidak melakukan digitalisasi, maka siap-siaplah tertinggal.

Salah satu perbankan yang agresif berkolaborasi dengan fintech adalah MNC Bank dengan MotionBanking, bersama MNC Teknologi Nusantara, pemilik aplikasi MotionPay, telah menandatangani kerja sama strategis dengan Atome Financial untuk memperluas layanan pinjaman digital.

Direktur Bisnis MNC Bank Denny Hanubrata mengatakan, kemitraan dengan Atome Financial mencakup penyaluran pinjaman digital dengan Kredit Pintar, produk 'buy now pay later' melalui Atome, credit scoring berbasis AI, dan penjaminan emisi (underwriting) untuk proses pinjam meminjam yang aman dan terjaga.

Selain itu, MotionBanking dirancang dengan open application programming interface (API) untuk integrasi secara seamless dengan platform digital pihak ketiga yakni Atome Financial yang akan mendorong inklusi keuangan menjadi lebih baik.

"Kami ingin menjadikan MotionBanking sebagai aplikasi layanan perbankan digital all in one," kata dia, Rabu, 30 Juni 2021. Dengan kolaborasi bersama fintech, maka MNC Bank menargetkan pendapatan bunga Rp4,8 triliun dari perbankan digital dan 30 juta pengguna MotionBanking dalam lima tahun ke depan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Eksekutif Atome Financial Indonesia Wawan Salum menyebut kerja sama dengan MotionBanking dan MotionPay akan membuka berbagai potensi kolaborasi bisnis.

Hal ini termasuk penyediaan pinjaman digital melalui aplikasi Kredit Pintar, layanan buy now pay later, co-branding kartu kredit atau pinjaman karyawan, serta kolaborasi dalam pemasaran dan layanan untuk MNC Group secara keseluruhan. "Kemitraan ini sebagai penanda awal kerja sama berkelanjutan," paparnya.

Sementara Managing Director MotionPay Jessica Tanoesoedibjo menambahkan jika nasabah MNC Bank bisa mengajukan pinjaman online dan melakukan transaksi pay later, melalui aplikasi MotionPay dengan adanya kerja sama ini. "Saya percaya ini merupakan langkah nyata untuk memajukan aksesibilitas dan inklusi keuangan di Indonesia," ujar dia.