NASA Siapkan 'Makhluk' Mirip Manusia untuk Dikirim ke Bulan

Astronot.
Sumber :
  • Innovation News Network

VIVA – Sebelum manusia kembali ke Bulan dalam waktu dekat, tiga boneka akan dikirim ke luar angkasa lebih dahulu dalam Misi Artemis 1 Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Salah satu dari manekin yang akan terbang itu dirancang menyerupai tubuh laki-laki dan dua lainnya adalah tubuh perempuan.

Tubuh manekin bervariasi ini dibuat dengan bahan yang mensimulasikan hal-hal yang membentuk manusia, seperti kulit, tulang, dan organ. Tujuannya akan memberi para ilmuwan data penting dan inklusif tentang radiasi untuk astronot dalam Misi Artemis 1 tahun ini dan Artemis 2 pada 2023, serta misi-misi berikutnya di masa depan.

NASA mengumumkan nama manikin itu adalah Komandan Moonikin Campos. Nama itu dipilih melalui jajak pendapat publik yang menerima lebih dari 300 ribu suara. Nama belakang Campos diambil untuk menghormati Arturo Campos, yang membantu mengarahkan para astronot Apollo 13 dengan selamat kembali ke Bumi setelah tangki oksigen gagal dipakai di pesawat ruang angkasa.

Campos akan mengenakan setelan lengkap Orion Crew Survival System, sama seperti yang akan dikenakan astronot dalam fase Misi Artemis di masa depan. Boneka itu juga mengenakan beberapa sensor untuk mendeteksi jumlah radiasi yang dapat ditemui astronot di dalam pesawat ruang angkasa Orion, menurut situs Mashable, Kamis, 1 Juli 2021.

Untuk perempuan diberi nama Helga dan Zohar oleh Pusat Dirgantara Jerman dan Badan Antariksa Israel. Dengan sensor radiasi yang tertanam di seluruh tubuh mereka, Zohar akan menguji rompi AstroRad yang dirancang untuk melindungi organ vital astronot dari radiasi.

Helga tidak mengenakannya, memungkinkan para ilmuwan untuk menentukan keefektifan pakaian tersebut. Menggunakan boneka bertubuh perempuan memungkinkan para ilmuwan untuk mengukur bagaimana radiasi dapat mempengaruhi perempuan, karena perempuan cenderung memiliki kepekaan yang lebih besar terhadap radiasi daripada laki-laki.

Misi Artemis 1, yang diharapkan akan diluncurkan pada 2021, akan memakan waktu hingga tiga minggu perjalanan untuk mengelilingi bulan dan kembali ke Bumi. Artemis 2, misi awak pertama NASA ke Bulan sejak 1970-an, ini diperkirakan akan diluncurkan pada 2023 yang juga akan mengelilingi Bulan sebelum kembali ke Bumi.