Podcast adalah? Pahami Makna, Jenis-Jenis, Aplikasi, dan Topiknya

Ilustrasi podcast
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Seiring dengan merebaknya pandemi covid-19 di Indonesia, banyak artis atau influencer yang menyajikan konten berbasis siaran radio atau yang sering dinamakan sebagai podcast. Banyak penonton yang tertarik dengan dengan konten podcast karena adanya diskusi menarik dan lebih santai di dalamnya.

Podcast adalah salah satu media konten yang kerap mendapat perhatian publik sebab terkesan lebih intens dan fleksibel apabila dibandingkan dengan siaran radio pada umumnya. Namun, saat ini banyak artis yang membuat konten podcast kemudian di unggah ke dalam akun YouTube pribadinya sehingga podcast tidak hanya menampilkan suaranya saja.

Lantas, sebenarnya podcast adalah?

Definisi podcast

Podcast adalah siaran yang berbentuk rekaman suara dari host atau orang yang berbicara dalam podcast, yang membahas topik tertentu. Mulanya siaran yang menyajikan suara ini hanya tersedia untuk pengguna iPod saja. Podcast sebetulnya berasal dari iPod dan kata broadcast. Pod diambil dari salah satu media digital Apple iPod serta cast diambil dari istilah radio broadcast.

Podcast dapat didengarkan kapan saja dan di mana saja, seperti saat sedang dalam perjalanan ke kantor, sekolah, atau bepergian kemana pun. Saat ini Anda dapat mendengarkan podcast dengan memakai aplikasi pihak ketiga seperti Anchor atau bahkan YouTube. Podcast juga memiliki sifat on-demand yang sangat digemari oleh pengguna internet saat ini ketimbang radio yang memiliki keterbatasan dalam akses, frekuensi, dan waktu.

Jenis-jenis Podcast

Interview podcast

Jenis ini mungkin jenis yang paling banyak digunakan saat ini. Podcast ini memakai format yang mirip dengan interview atau wawancara. Umumnya aka nada host yang bertanya-tanya kepada narasumber atau tamu yang diundang dan setiap episode berbeda-beda.

Podcast jenis ini paling sering digunakan di kalangan para podcaster saat ini karena tidak memerlukan teknik khusus. Persiapan yang harus dilakukan adalah dengan meneliti dan mempelajari terlebih dahulu narasumber atau tamu yang akan diwawancarai dan membuat daftar pertanyaan.

Solo podcast

Sesuai dengan namanya, podcast solo hanya dilakukan oleh satu orang tanpa adanya tamu atau co-host. Podcast ini umumnya disajikan dalam bentuk monolog atau pembicaraan dengan diri sendiri. Topik dari podcast solo ini umumnya berbentuk opini pribadi mengenai sebuah berita yang sedang ramai atau gaya lain yang dapat dilakukan oleh satu orang.

Multi host podcast

Jenis ini memiliki host yang lebih dari satu orang. Tujuan dari menghadirkan host yang lain adalah untuk menawarkan diskusi yang memiliki pendapat atau perspektif berbeda untuk mengembangkan diskusi yang lebih menarik. Pendengar akan lebih tertarik untuk mendengarkan debat serta membawa hiburan tersendiri. Semakin dalam pembahasan yang dilakukan maka akan meningkatkan trafik pengunjung podcast juga.

Aplikasi podcast

Terdapat banyak sekali aplikasi podcast yang dapat digunakan, berikut diantaranya:

Anchor

Anchor merupakan salah satu aplikasi podcast yang sangat familiar di telinga pendengar. Menariknya, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat podcast lho. Dengan membuat podcast di Anchor, maka Anda dapat menghasilkan uang.

Castbox

Castbox merupakan salah satu aplikasi podcast yang menyajikan lebih dari 1 juta koleksi karena dikumpulkan dari berbagai sumber seperti iTunes dan lain-lain. Aplikasi ini juga mendukung 70 bahasa di seluruh dunia dan juga dapat digunakan untuk belajar bahasa asing.

Podbean

Aplikasi ini mungkin kalah populer dibandingkan dengan aplikasi podcast yang lain. Tapi, podbean merupakan aplikasi podcast yang cukup mumpuni karena menyajikan koleksi podcast dengan rapi. Pelanggan juga bisa berlangganan podcast sesuai yang disukai.

Topik bahasan podcast

Podcast adalah media yang dapat digunakan untuk beberapa tujuan, mulai dari obrolan ringan, obrolan berat, sampai melakukan pemasaran produk. Untuk kategori podcast di Indonesia yang banyak digemari adalah:

  1. Anak-anak
  2. Edukasi
  3. Kesehatan
  4. Kisah
  5. Komedi
  6. Lifestyle
  7. Olahraga
  8. Pendidikan
  9. Podcast Horor Bisnis
  10. Politik
  11. Romansa
  12. Seni
  13. Teknologi

10 Podcast Indonesia terbaik

Nah, untuk Anda yang akan mendengarkan podcast, berikut rekomendasi dari kami mengenai podcaster terbaik di Indonesia.

  1. Podcast Deddy Corbuzier
  2. Sudut pandang
  3. Makna talks
  4. Podcast awal minggu
  5. So mad about life
  6. Rapot
  7. Do you see what i see
  8. PORD (Podcast Raditya Dika)
  9. Kejar paket pintar
  10. Asumsi bersuara