Pesawat Antariksa Orang Terkaya Nomor Satu Dunia Terbang Malam Ini

Roket New Shepard milik Blue Origin, perusahaan antariksa Jeff Bezos.
Sumber :
  • Space.com

VIVA – Pesawat antariksa milik Jeff Bezos yang juga rival Elon Musk dan Richard Branson, New Shepard, siap-siap terbang pada Rabu malam hari ini, 25 Agustus 2021, pukul 09.35 EDT atau 20.35 WIB.

Penerbangan luar angkasa tanpa awak itu akan menjadi yang ke-17 untuk Blue Origin dan yang pertama sejak misi debutnya pada 20 Juli tahun ini.

Misi 25 Agustus, yang dikenal sebagai NS-17, dipastikan tidak akan membawa manusia. New Shepard akan berisi 18 muatan komersial yang 11 di antaranya disponsori NASA, serta ribuan kartu pos yang dikirimkan oleh anak-anak melalui klub nirlaba Blue Origin.

Selain itu bagian luar kapsul akan menjadi tempat percobaan Deorbit, Descent and Landing Sensor Demonstration NASA, serangkaian teknologi yang dirancang untuk membantu pesawat antariksa itu mendarat lebih akurat di Bulan dan benda kosmik lainnya.

"Ini akan menjadi penerbangan Blue Origin kedua untuk suite sensor, yang pertama kali mencapai ruang suborbital dengan New Shepard," demikian keterangan resmi Blue Origin, seperti dilansir dari laman Space, Rabu, 25 Agustus 2021.

Misi NS-17 juga akan menampilkan instalasi seni 'Suborbital Tryptych' milik Amoako Boafo. Karya tersebut terdiri dari tiga potret yang dilukis di bagian atas kapsul kru New Shepard.

Karya seni ini adalah bagian dari program seni Uplift Uplift Aerospace, yang tujuannya untuk menginspirasi ide-ide baru dan menghasilkan dialog dengan membuat ruang angkasa yang dapat diakses dan terhubung dengan pengalaman manusia.

Blue Origin saat ini mengoperasikan dua kendaraan New Shepard. Kendaraan yang akan pergi pada malam nanti khusus digunakan untuk menerbangkan muatan penelitian dalam misi tanpa awak. Misi NS-17 akan menjadi misi luar angkasa ke delapan bagi perusahaan tersebut.

Seperti diketahui, orang terkaya nomor satu di dunia Jeff Bezos sukses bolak-balik luar angkasa selama 11 menit. Di dalam kapsul berbentuk permen, mantan CEO Amazon ditemani oleh saudaranya, Mark, astronot tertua Wally Funk dan astronot termuda Oliver Daemen.

Setelah sukses membawa pemiliknya, Jeff Bezos dan tiga kru lain ke luar angkasa pada 20 Juli kemarin, Blue Origin berencana untuk menerbangkan dua penerbangan lagi pada tahun ini dengan pelanggan yang sudah melakukan pembayaran.