Mudah! Ini 3 Cara Menonaktifkan Centang Biru di WA

chat whatsapp
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara menonaktifkan centang biru di WA sangat mudah dilakukan supaya pesan yang diterima tidak diketahui sudah dibaca atau belum oleh pengirim. Dengan menonaktifkan centang biru di WA, kita juga harus siap-siap tidak dapat mengetahui apakah orang telah membaca pesan kita ataukah belum.

Dengan kata lain, pada saat kamu menonaktifkan centang biru di WA, maka akibatnya bukan hanya orang lain yang tidak dapat mengetahui pesannya sudah dibaca atau belum, tapi kamu juga tidak akan mengetahui orang tersebut sudah membaca pesan kita atau belum.

Fitur centang biru di WhatsApp kadang bermanfaat untuk Sebagian orang, tapi tidak jarang banyak juga yang mengganggu pengguna. Oleh sebab itu, fitur centang biru tersebut bisa diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai keinginan pengguna. Nah, berikut ini cara menonaktifkan centang biru di wa yang disadur dari berbagai sumber.

Lalu, Bagaimana Cara Menonaktifkan Centang Biru di WA?
Cara Menonaktifkan Centang Biru di WA

WhatsApp.

Photo :
  • Pixabay

Pada aplikasi WhatsApp, fitur read receipt tersebut ditandai dengan adanya centang biru pada pesan yang dikirimkan. Jadi, bila pengguna mengirimkan pesan kepada orang lain dan melihat tanda dua centang berwarna biru, ini artinya pesan yang dikirimkan sudah dibaca oleh penerima.

Fitur tersebut sudah secara otomatis diaktifkan oleh WhatsApp pada akun pengguna. Tapi, pengguna juga bisa dengan mudah menonaktifkannya bila tidak nyaman dengan fitur tersebut. berikut langkah-langkahnya.

Langkah pertama adalah buka aplikasi WhatsApp pada ponsel kamu, baik Android atau iOS.
Setelah itu, untuk pengguna Android pilih titik tiga vertikal yang terletak di sebelah kanan atas. Untuk pengguna iOS buka menu settings, account, dan privacy.
Setelah terbuka, nonaktifkan opsi ‘Read Receipts’ dan selesai.
Cara Menonaktifkan Centang Biru di WA Web atau PC

WhatsApp Web tuk buka WhatsApp lewat Mesin Pencarian

Photo :
  • U-Report

Jika kamu merupakan pengguna aplikasi WhatsApp web dan ingin menonaktifkan centang biru, maka hal ini tidak perlu kamu lakukan. Karena, WhatsApp Web tidak akan menyediakan fitur tersebut. kamu bisa mengaturnya terlebih dahulu lewat aplikasi WhatsApp resmi di ponsel.

Cara Menonaktifkan Centang Biru di GB WhatsApp

GBWhatsApp.

Photo :
  • U-Report

Selain aplikasi resmi, untuk kamu pengguna aplikasi GB WhatsApp dapat menggunakan cara menonaktifkan centang biru di WA. Bila kamu belum mengetahui caranya, berikut ulasan selengkapnya.

Pertama-tama, buka aplikasi GB WhatsApp.
Setelah itu, kamu masuk ke opsi Privasi, dan Kontak.
Langkah terakhir, klik tanda centang pada pilihan Sembunyikan centang biru.
Dampak Menonaktifkan Centang Biru di WA

Tulisan unik WhatsApp.

Photo :
  • Guiding Tech

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bila kamu menonaktifkan fitur centang biru di WA, maka akan berdampak pada dirimu sendiri yang tidak akan mengetahui apakah pesan yang dikirim sudah dibaca oleh penerima atau belum.

Selain itu, fitur ini juga hanya berlaku untuk percakapan biasa dan tidak berlaku untuk percakapan di grup. Sehingga bila kamu mengirimkan pesan di grup, maka centang biru akan tetap terlihat.

Nah, demikianlah cara menonaktifkan centang biru di WA yang mudah dilakukan untuk semua jenis ponsel. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!