Teknologi 5G Menyapa Bumi Cendrawasih

Telkomsel 5G.
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA – Telkomsel menggelar jaringan 5G untuk pertama kalinya di wilayah timur Indonesia dalam momentum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Selama perhelatan olahraga nasional tersebut berlangsung, masyarakat bisa menikmati pengalaman digital menggunakan teknologi 5G di kawasan Stadion Lucas Enembe.

"Kami berharap, penerapan teknologi jaringan Telkomsel 5G dapat terus diakselerasikan secara terukur, bertahap, dan merata. PON XX Papua 2021 momentum tepat untuk lebih memperkenalkan dan memberikan pengalaman akses konektivitas digital teknologi 5G kepada masyarakat di kawasan Indonesia Timur, terutama Papua," kata Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, Senin, 4 Oktober 2021.

Selama periode persiapan gelaran jaringan 5G di Bumi Cendrawasih, operator telekomunikasi pelat merah itu telah melakukan uji kecepatan jaringan 5G di Sorong, dan mencatatkan kecepatan download hingga 1Gbps dengan latensi 8ms.

Seperti diketahui, teknologi 5G mampu menghadirkan pengalaman akses broadband yang lebih prima dibandingkan generasi sebelumnya.

Akses prima yang dimaksud antara lain koneksi data untuk download dan streaming lebih cepat dan lancar, tingkat latensi sangat rendah mampu membuat koneksi lebih responsif hingga menghubungkan lebih banyak perangkat tanpa menurunkan kualitas jaringan.

Sejumlah use case yang didukung teknologi generasi kelima juga telah disiapkan bagi masyarakat Papua dan para pengunjung yang ingin merasakan pengalaman digital terdepan berteknologi terkini, di antaranya 5G virtual reality (VR) live yang menghadirkan momen virtual kondisi secara langsung di dalam stadion.

Lalu, ada 5G VR based drone untuk melihat seluruh area stadion, dan 5G VR Tourism yang menyajikan konten edukasi kekayaan alam dan budaya Papua dengan pengalaman digital yang berbeda.

Dalam kesempatan ini, Telkomsel juga memperkenalkan fitur self-provisioning layanan 5G yang dapat diakses melalui aplikasi MyTelkomsel. "Pelanggan dapat mengkonfirmasi apakah perangkat, SIM card, serta lokasinya sudah memungkinkan untuk mendapatkan akses jaringan dan layanan Telkomsel 5G," papar Hendri.