Jejak Kuno Lautan Raksasa Baru Ditemukan di Mars

Planet Mars.
Sumber :
  • DW/NASA

VIVA Tekno – Planet Mars identik dengan keadaan yang kering dan berdebu. Tetapi para ilmuwan telah menemukan bukti lautan luas yang ada di permukaan planet merah sekitar 3,5 miliar tahun lalu, kemungkinan mencakup ratusan ribu persegi kilometer.

Bukti itu datang dalam bentuk topografi garis pantai yang khas, yang diidentifikasi melalui banyak citra satelit dari permukaan Mars. Ketika gambar-gambar ini diambil pada sudut yang sedikit berbeda, peta relief dapat dibuat.

Para peneliti telah membuktikan lebih dari 6.500 kilometer (4.039 mil) pegunungan yang diukir oleh sungai, menunjukkan bahwa pernah adanya delta sungai yang terkikis atau sabuk saluran bawah laut.

"Hal besar dan baru yang kami lakukan dalam makalah ini adalah memikirkan Mars dalam hal stratigrafi dan catatan sedimennya," kata geoscientist Benjamin Cardenas dari Pennsylvania State University.

Dia melanjutkan, di Bumi mereka memetakan sejarah saluran air dengan melihat sedimen yang diendapkan dari waktu ke waktu, mengutip dari situs Science Alert, Selasa, 1 November 2022.

Planet Mars.

Photo :
  • SciTechDaily

"Kami menyebutnya stratigrafi, gagasan bahwa air mengangkut sedimen dan Anda dapat mengukur perubahan di Bumi dengan memahami cara sedimen menumpuk. Itulah yang kita lakukan di Bumi. Tapi saat ini kita bicara soal Mars," tambahnya.

Menggunakan data dari Mars Reconnaissance Orbiter yang dikumpulkan pada tahun 2007, tim menerapkan analisis ketebalan punggungan, sudut dan lokasi untuk memahami area studi, Aeolis Dorsa.

Tampaknya sejumlah besar perubahan terjadi di planet Merah ini bertahun-tahun yang lalu, jelas Cardenas. Hal ini ditunjukkan dengan bukti kenaikan permukaan laut yang cukup besar dan pergerakan batuan yang cepat oleh sungai dan arus. Saat ini, Aeolis Dorsa berisi kumpulan pegunungan fluvial paling terkonsentrasi di Mars.

Semua ini terkait dengan pencarian kehidupan di Mars. Salah satu pertanyaan paling mendasar yang dilihat para ilmuwan sehubungan dengan planet tetangga Bumi ini adalah apakah planet itu pernah memiliki kondisi yang cukup ramah untuk dapat mendukung kehidupan.