Edward Snowden Kini Punya Akun Twitter

Edward Snowden
Sumber :
  • REUTERS/Glenn Greenwald/Laura Poitras/Courtesy of The Guardian/Handout via Reuters

VIVA.co.id - Buronan Amerika, yang membocorkan rahasia mata-mata National Security Agency (NSA), kini bersuara di Twitter. Baru sebentar membuka akun, jumlah follower-nya lebih banyak dari akun Twitter NSA.

Twitter Snowden tentu saja menggunakan namanya @Snowden dan sudah diverifikasi oleh Twitter sebagai akun asli. Pengacara Snowden, Ben Wizner, dari American Civil Liberties Union, menyatakan kebenaran eksistensi Snowden di Twitter. Bahkan dia mengatakan bahwa Snowden sendiri yang mengendalikan akun tersebut.

Dilansir melalui LA Times, Rabu, 30 September 2015, usai mengukuhkan akunnya, Snowden langsung mendapatkan lebih dari 300 ribu pengikut, hanya dalam kurun dua jam setelah ia menuliskan tweet pertamanya. Saat berita ini diturunkan, pengikut Snowden bertambah hampir tiga kali lipat, tepatnya mencapai 817 ribu.

Angka ini lebih banyak ketimbang akun musuhnya, NSA, yang hanya memiliki 76.000 follower. Yang menarik, satu-satunya akun yang di-follow oleh Snowden adalah NSA. Sayangnya, NSA tidak mau berkomentar akan hal ini. Malah bos Twitter yang menyambut kedatangan Snowden di Twitter.

Dilansir dari The Intercept, rupanya ini merupakan kembalinya Snowden di jejaring sosial. Sebelumnya, dia telah memiliki akun namun tidak lagi aktif sejak tiga tahun lalu, tepatnya sejak ia menjadi buronan. Twitter pun menyetujui permintaannya untuk bergabung lagi dengan akun yang baru dan membersihkan akun lama.

Dalam beberapa cuitan pertamanya, Snowden terlihat asik menjawab pertanyaan astrofisikawan Neil DeGrasse Tyson, yang menanyakan mengenai temuan NASA terbaru terkait planet Mars.