Huawei Boyong EMUI 9.O ke Indonesia, Apa Sih Istimewanya?

Huawei Mate 20.
Sumber :
  • Digital Trends

VIVA – Sistem operasi EMUI 9.0 yang dibuat Huawei pertama kali diperkenalkan ke publik pada awal September lalu di Jerman.

Sistem operasi berbasis Android Pie ini telah tersemat dalam smartphone Huawei Mate 20 yang dua pekan lagi akan diboyong ke Indonesia. Pembaruan ini juga turut menghampiri seri P20 Pro, P20, Mate 10 Pro dan Mate 10.

Vice President Software Marketing Huawei Consumer Business Group, Ryan Lui mengatakan, perusahaan sangat bersemangat membawa lebih banyak pengalaman baru saat pengguna menggunakan perangkat.

"Berbagai fitur kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan produktivitas akan memberdayakan pengguna dan membuat mereka bisa mendapatkan manfaat lebih dari perangkat teknologi yang pernah ada," kata Lui di Jakarta, Rabu, 5 Desember 2018.

EMUI 9.0 hadir dengan sejumlah gebrakan. OS ini membuat performanya meningkat, hadir dengan fitur baru dan antarmuka atau user interface (UI) yang menjadi lebih memudahkan.

Menu dibuat simpel?

Pengguna hanya akan memiliki sedikit item pada tab pengaturan, dan akan mendapat lebih lengkap lagi ketika membuka tab advanced. Dibanding generasi sebelumnya menu di OS baru ini berkurang 10 persen.

Namun pengguna juga bisa tetap mengatur item mana yang ingin dimasukkan ke dalam tab pengaturan. Lalu, mereka juga turut mengubah desain fitur timer, kompas dan jam menjadi lebih nyata. Perubahan ini juga menghendaki pengguna untuk tetapmenggunakan ponsel hanya dengan satu tangan saja.

Contohnya, pada menu galeri dipindahkan ke bagian bawah layar sehingga pengguna yang ingin menelusuri foto, album, sorotan hingga menu pencarian, cukup mengandalkan ibu jari saja.

Peningkatan kemampuan AI

EMUI 9.0 juga membawa fitur HiVision dan HiTouch untuk menambah wawasan pengguna. Pengguna dapat dengan mudah mencari suatu informasi di internet, hanya dengan menyoroti suatu benda dengan kamera. HiVision akan mengenali landmark dari 15 negara dari 10 juta karya seni yang terkenal.

Tidak hanya benda, bahkan fitur ini bisa dimanfaatkan untuk menghitung jumlah kalori pada makanan. Sedangkan, HiTouch lebih digunakan untuk pengguna yang 'doyan' belanja. Mereka hanya tinggal menekan dan menahan dua jari pada gambar.

Lalu, pengguna akan diberi daftar ecommerce yang menjual benda tersebut. Ada 120 juta item yang dapat mereka kenali di lebih dari 200 platform ecommerce dan 100 toko online resmi.

Peningkatan easy projection

Pengguna memiliki akses melakukan one-click projection, highlight dan capture di layar besar. Lalu, terdapat Huawei share, di mana smartphone dengan PC Huawei dapat mengirim file menggunakan bluetooth.

EMUI 9.0 juga dapat mem-back-up dokumen penting di SD card, USB drive atau network attached storage (NAS).

Adapun perpaduan aplikasi WPS dengan HiAI, dimana OS ini dapat menyesuaikan alignment pada dokumen dan mengubah foto dan hardcopy menjadi file yang bisa disunting.

Fitur tambahan

Pengguna bisa memanfaatkan dua ketukan untuk menangkap gambar hingga membuka aplikasi. Lalu ada pengenalan password sosial media melalui konfirmasi sidik jari atau pengenalan wajah.

Digital balance akan bermanfaat untuk memantau lamanya penggunaan perangkat. Selanjutnya, layar akan berubah menjadi abu-abu saat penggunanya terlelap, disebut dengan wind down.

EMUI 9.0 memiliki penampakan kalender yang disertai dengan ramalan cuaca dan memiliki kemampuan untuk menyembunyikan notch atau poni pada perangkat. (umi)