Tips Aman Berselancar di Dunia Maya saat Physical Distancing

Ilustrasi bermain internet.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Physical distancing karena wabah Virus Corona membuat banyak orang menggunakan internet untuk tetap terhubung. Namun pengguna dunia maya tidak menyadari adanya risiko keamanan data pribadi mereka.

Mozilla, dalam keterangan resminya, Jumat, 17 April 2020, memberikan empat tips untuk tetap aman berselancar di dunia maya selama physical distancing:

1. Pilih Password yang Unik dan Kuat

Untuk mengakses aplikasi ataupun melakukan aktivitas di dunia maya membutuhkan akun dan kata sandi. Namun perlu diingat untuk tidak membuat password yang mudah.

Pengguna diharuskan membuat password yang kuat, karena membuat garis pertahanan atas upaya peretasan dan akses tidak sah.

Mozilla memberikan sejumlah tips untuk membuat kata sandi kuat salah satunya membuat dengan delapan karakter atau minimal 12-15 karakter.

Selain itu password harus menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil, serta angka dan juga simbol. Lapisan keamanan yang lain adalah menggunakan otentikasi dua faktor.

2. Setop Jika Ada Sesuatu yang Mencurigakan

Jika menemukan hal mencurigakan melalui email, jangan klik tautan apapun dan jangan masukkan kata sandi hingga informasi pribadi. Lakukan ketik alamat situs web perusahaan yang mengirimkan email atau hubungi secara langsung.

Salah satu penipuan yang menggunakan email adalah phishing. Caranya menyamar menjadi pemberi layanan, seseorang atau perusahaan yang dipercayai oleh pengguna.

Tujuan dari penipuan ini agar korban tanpa sadar memasukan password mereka ke dalam situs web palsu, mengunduh program malware yang bisa menginfeksi perangkat korban lewat lampiran gambar atau dokumen. Selain itu juga bisa meminta korban memebrikan informasi personal agar bisa mengakses ke akun mereka.

3. Cek Ulang Berita COVID-19

Pengguna internet perlu berhati-hati saat membaca informasi mengenai Covid-19. Ini karena banyaknya misinformasi dan hoaks yang beredar di internet.

Organisasi Poynter Institue meluncurkan tujuh cara untuk menghindari misinformasi selama pandemi Covid-19. Pertama harus mempelajari pemahaman dasar dari penyakit dan abaikan semua konten yang mengatakan corona telah direncanakan.

Selain itu harus pula membuktikan semua gambar dan video yang beredar, hindari usaha yang meremehkan ancaman penyakit tersebut serta hindari membagikan metode pencegahan dan pengobatan penyakit tanpa membicarakannya terlebih dahulu dengan sumber resmi. Terakhir cari info mengenai hal-hal yang belum diketahui.

4. Rutin Update Software dan Aplikasi di Perangkat

Saat beraktivitas dari rumah merupakan waktu yang cocok untuk memperbarui software dan aplikasi di perangkat. Update dilakukan agar perangkat tetap aman. Pembaruan dilakukan bisa memperbaiki bugs, kerentanan software dan masalah keamanan.