Deretan Raksasa Teknologi yang Meraup Cuan Saat Pandemi Corona

Spotify.
Sumber :
  • dw

VIVA – Pandemi Virus Corona COVID-19 ternyata memberikan keuntungan atau cuan bagi sejumlah raksasa teknologi. Mereka memanfaatkan wabah ini dengan meraup kenaikan pengguna.

Setidaknya, ada lima perusahaan teknologi yang dilaporkan mengalami kenaikan jumlah pengguna selama pandemi, yaitu Spotify, Facebook, TikTok, Microsoft Teams dan Zoom. Berikut hasil rangkuman VIVA Digital, Kamis, 30 April 2020:

1. Facebook

Dalam pertemuan investor minggu ini Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengungkapkan jumlah pengguna aktif bulanan dalam keluarga besar Facebook. Dia menyatakan untuk pertama kalinya ada tiga miliar orang menggunakan Facebook, Instagram, WhatsApp dan Messenger setiap bulannya.

Dikutip laman Mashable, jumlah tersebut termasuk 2,6 miliar orang yang hanya menggunakan Facebook dan lebih dari 2,3 miliar setidaknya menggunakan satu layanan setiap harinya.

2. Spotify

Nama berikutnya yang mendapatkan tambahan pengguna adalah Spotify. Layanan streaming musik ini memiliki 130 juta pelanggan berbayar pada Q1 2020 atau sekitar dua kali dari yang kabarnya dimiliki Apple Music sekitar 60 juta pelanggan berbayar.

"Meskipun adanya ketidakpastian global soal Covid-19 di Q1, bisnis kami memenuhi atau melampaui seluruh metrik utama. Untuk Q2 dan sisa tahun ini, prospek kami sebagian besar indikator performa kami tidak berubah dengan pengecualian adanya pelambatan iklan dan perubahan signifikan dari nilai tukar mata uang," ungkap perusahaan, dikutip Ubergizmo.

3. Zoom

Nama Aplikasi Zoom meroket sejak himbauan aktivitas di rumah digaungkan di dunia. Walaupun sempat diterpa isu keamanan, tidak mempengaruhi banyaknya pengguna yang menggunakan layanan video conference itu.

Pada Minggu lalu, Zoom dikabarkan memiliki lebih 300 juta pengguna. Angka tersebut naik 50 persen dari laporan pengguna harian pada awal bulan yaitu 200 juta.

4. TikTok

Karantina juga membuat aplikasi ini diunduh banyak orang. Laporan analis aplikasi seluler, Sensor Tower mengumumkan TikTok telah diunduh lebih dari dua miliar unduhan.

Sensor Tower mengatakan lonjakan ini setidaknya karena pandemi COVID-19 yang menghantam sebagian besar negara di dunia. Rasa bosan terkurung di rumah juga dinggap sebagai alasan kenaikan jumlah unduhan TikTok.

5. Microsoft Teams

Sama seperti Zoom, Microsoft Teams juga mengalami kenaikan jumlah pengguna. Berdasarkan statistik terbaru, capaian bulan ini adalah 200 juta orang pengguna harian.

Microsoft mengklaim jika Teams mengalami peningkatan jumlah pengguna menjadi 44 juta pengguna aktif harian selama wabah Virus Corona COVID-19 dan memaksa orang melakukan pertemuan secara virtual di rumah.