Xiaomi Punya Aplikasi Cicilan untuk Beli Hape, Begini Caranya

Xiaomi Redmi S2.
Sumber :
  • Instagram/@xiaomiindonesia

VIVA – Xiaomi tak hanya membuat perangkat yang mempermudah komunikasi dan hidup banyak orang. Setelah beberapa waktu lalu meluncurkan produk Mi TV dan jam kesehatan, kini Xiaomi juga memperkenalkan layanan kredit instan  bernama Mi Credit.

Diwartakan laman NewsBytes, Jumat, 28 September 2018, aplikasi yang bisa diunduh di halaman komunitas Mi tersebut, memungkinkan konsumen untuk membeli perangkat Xiaomi tanpa harus membayar tunai, alias dengan cara dicicil.

Namun, untuk dapat menikmati layanan kredit, menurut laporan itu, pengguna harus menjalankan MIUI di ponsel Xiaomi.  

Setelah mengunduh aplikasi Mi Credit, login dengan akun Mi, isi rincian dasar, dan unggah dokumen untuk memverifikasi usia, alamat dan gaji bulanan.

Setelah verifikasi dan pemeriksaan kelayakan, pilih jumlah pinjaman, periode dan jadwal pembayaran sesuai kebutuhan.

Aplikasi ini kemudian akan memverifikasi rekening bank. Kemungkinan membutuhkan waktu 10 menit, dan proses pencairan pinjaman pun sangat mudah.

Sebagaimana lazimnya layanan pinjaman, Xiaomi memberikan kredit dengan suku bunga serendah 1,8 persen per bulan. Namun, aturan ini berlaku di India.

Bagaimana dengan Indonesia? Pantauan VIVA, mencoba menelusuri aplikasi Mi Credit di Playstore, rupanya platform tersebut dapat diakses. Hanya saja agak berbeda dengan seperti yang digambarkan di awal.

Aplikasi Mi Credit versi Bahasa Indonesia menampilkan fungsi sebagai agregator, dimana ia sebagai wadah yang mengumpulkan perusahaan penyedia dana. Konsumen sendiri yang memutuskan akan menggunakan platform pembiayaan yang mana.

Ikon platform kredit seperti Kredivo, AkuLaku, dan lainnya tampak di aplikasi Mi Credit. Sepertinya juga telah mendapat izin operasi karena menyertakan logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK).