Banyak Kamera di Ponsel, Manfaat atau Mubazir

Nokia 9 PureView.
Sumber :
  • Instagram/@nokiamobile_official

VIVA – Dalam gelaran Mobile World Congress atau MWC di Barcelona, Spanyol pada 25-28 Februari 2019, beberapa perusahaan teknologi unjuk gigi dalam menampilkan inovasi terbaru.

Salah satunya HMD Global yang meluncurkan ponsel Nokia 9 PureView dengan lima kamera. Pada kesempatan lain, ada Huawei Mate 20 Pro yang memiliki empat kamera dan Samsung Galaxy S10 dengan tiga kamera.

Dikutip dari CNET, Kamis, 28 Februari 2019, banyaknya ponsel kamera menjadi pertanda 'perang megapiksel' telah berakhir. Medan pertempuran telah bergeser, dan kali ini, tentang berapa banyak lensa yang bisa dimuat di satu smartphone.

CNET Senior Mobile Editor, Andrew Hoyle, berpendapat bahwa banyak lensa belum tentu menghasilkan gambar berkualitas.

"Tapi, mungkin juga bisa mengambil gambar yang keren dan kreatif. Seperti lensa sudut lebar Huawei Mate 20 Pro dan Samsung Galaxy S10 Plus yang bidikannya setara dengan DSLR. Itu cara yang bagus untuk meramaikan feed Instagram," ujarnya.

Bicara anggaran, Andrew mengaku pada kelas menengah untuk menjaga harga tetap rendah namun ingin memiliki tren tersebut, mereka cenderung bermain di resolusi rendah dan fitur yang kurang canggih. Opsi seperti ini dinilai tidak bagus, dan sebaiknya tetap memilih smartphone dengan single camera.

"Jumlah kamera ideal itu tergantung siapa pemiliknya. Google berpendapat satu saja sudah cukup. Pabrikan ponsel seperti Huawei, Oppo, Vivo ditambah Samsung, yang membawa banyak kamera, mendorong pengalaman dan variasi harga yang lebih beragam," ungkap dia.

Sementara itu, CEO HMD Global, Florian Seiche, mengatakan lima kamera pada perangkat tidak sembarang ada. Kelima lensa secara bersamaan mengambil gambar untuk setiap pemotretan. Inovasi kali ini adalah tentang fotografi komputasional.

Ia juga mengaku telah bermitra dengan Light yang diketahui sebagai perusahaan pencipta kamera multilens. Kamera tidak menggunakan konsep seperti perangkat lain yang fungsinya terpisah.

"Kami berharap teknologi ini membantu Nokia 9 PureView menonjol di kerumunan," paparnya. Nokia 9 PureView dibanderol seharga US$699 atau hampir mencapai Rp10 juta.