Ada USB Berbanderol Rp6,1 juta Bisa Bikin Sehat Pemakainya, Minat?

Ilustrasi USB anti-5G
Sumber :
  • Arstechnica

VIVA – Kehadiran jaringan 5G nampaknya sulit terpisah dengan teori konspirasi, baik yang terkait dengan dari Rusia, maupun menjadi penyebab adanya penyebaran virus Corona. Tak hanya itu, kini hadir pula USB anti-5G untuk bisa melindungi kesehatan pemakainya.

Perusahaan yang menjualnya menggambarkan produk sebagai gadget yang melindungi rumah dan keluarga. Alat yang disebut 5GBioShield itu berbanderol US$420 atau Rp6,1 jutaan.

"Memberikan perlindungan pada rumah dan keluarga Anda, berikat katalisator holografik nano-layer yang bisa dipakai, yang dapat dipakai atau ditempatkan dengan smartphone atau barang elektronik lain, radiasi atau perangkat pemancar EMF (bidang elektromagnetik)," kata perusahaan pembuat 5GBioShield, dikutip laman BGR, Sabtu 30 Mei 2020.

Perusahaan menyebut, produk akan menyeimbangkan dan menyelaraskan kembali frekuensi yang mengganggu ditimbulkan dari kabut listrik, seperti laptop, ponsel, Wifi, tablet, dan lainnya.

Lantaran bentuknya mirip USB, 5GBioShield tentunya bisa juga dipakai sebagai perangkat penyimpanan data dengan jumlah memori tertentu. Tapi tak mengejutkan jika perangkat ini memang hanya sekedar USB biasa, bukan seperti yang digemborkan oleh pembuatnya.

Perusahaan penguji keamanan siber dan penetrasi, Pen Test Partners membongkar perangkat tersebut. Hasilnya 5GBioShield hanyalah sebuah penipuan.

Saat mencobanya di mesin penguji perusahaan, tidak temukan gelembung teknologi katalis holografik kuantum. Pihak perusahaan mengatakan 5GBioShield hanyalah USB bermuatan 128MB biasa.

"5GBioShield hanya USB 5 poundsterling (Rp90 ribuan) dengan stiker diatasnya. Apakah stiker itu menyediakan teknologi katalis holografik kuantum 300 poundsterling (Rp5,4 jutaan), kami akan membiarkan Anda memutuskannya," kata pihak Pen Test Partners, dikutip Ars Technica.