Android 11 Beta Hadir, Apa Istimewanya?

Android 11
Sumber :
  • Androidcentral

VIVA – Setelah sempat ada penundaan perilisan versi Beta dari Android 11, akhirnya Google resmi meluncurkan sistem operasi itu. Peluncuran itu tertunda, karena perhatian masyarakat tengah fokus pada isu rasis yang melanda AS.

"Perilisan hari ini terlihat berbeda dari yang direncanakan. Bukan dalam livestream, kami membagikan sejumlah video dan sumber daya online untuk dikonsumsi  pada waktu yang tepat," kata Vice President Android Engineering, David Burke dalam Blog resmi Google, dikutip Jumat, 12 Juni 2020.

Baca juga: Bocoran Wujud PlayStation 5, Bak Menara Menjulang Tinggi

Android 11 membawa sejumlah pembaruan. Burke menyebutkan tiga update yang akan hadir pada ponsel Android nanti.

1. Komunikasi Lebih Mudah

Menurut Burke, Android 11 akan memindahkan seluruh percakapan pada aplikasi pesan ke ruang khusus di bagian notifikasi. Dengan begitu, akan membuat lebih mudah untuk dilihat, merespons dan mengelola semua percakapan dalam satu tempat.

"Anda bisa menandai percakapan sebagai prioritas untuk memberikan preferensi, sehingga Anda tidak akan terlewat pesan penting. Percakapan penting akan muncul di layar, dan bahkan menerobos pengaturan Do Not Disturb," ungkapnya.

Sistem operasi anyar ini memperkenalkan Bubbles. Fitur itu akan membantu pengguna merespons dan terlibat pada percakapan penting, tanpa harus bolak balik dengan pekerjaan serta aplikasi pesan.

Selain itu, pengguna juga bisa mengetik menggunakan Gboard pada Android 11. Akan ada saran yang relevan secara otomatis untuk emoji dan teks.

2. Cara Baru Mengontrol Koneksi Perangkat dan Media

Dengan Android 11, pengguna bisa mengakses lebih cepat dan mengontrol perangkat pada satu tempat. Caranya hanya dengan menekan tombol power.

"Menyesuaikan temperatur, menyalakan lampu, atau membuka kunci pintu depan bisa dilakukan dengan menekan tanpa membuka beberapa aplikasi," ujarnya.

Burke juga menyebutkan, Google memperkenalkan kontrol media baru untuk Android 11. Yaitu dengan membuatnya cepat dan nyaman untuk mengalihkan perangkat audio atau video yang sedang dimainkan.

3. Privasi

Burke menyebutkan, jika Android selalu merilis kontrol privasi dan keamanan baru. Dengan begitu, pengguna bisa memutuskan bagaimana dan kapan data di perangkat bisa dibagikan.

Android 11 memiliki kontrol granular untuk izin yang lebih sensitif. Dengan hanya satu kali izin, pengguna bisa memperbolehkan aplikasi mengakses mikrofon, kamera, atau lokasi dalam satu waktu.

"Sebagai tambahan, jika Anda belum menggunakan aplikasi untuk jangka waktu yang lama, kami akan 'auto-reset' seluruh izin terkait aplikasi dan memberikan notifikasi kepada Anda hal yang sama," tulis Burke.

Dia menambahkan, jika pengguna akan bisa memberikan izin lagi jika membuka aplikasi.