Sebagian Fitur iOS 14 Sudah Lama Ada di Android

Apple iOS 14.
Sumber :
  • Apple.com

Apple baru saja mengumumkan peluncuran iOS terbaru mereka, yakni iOS 14 dalam ajang tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2020. Sederet fitur baru pun diumumkan dalam acara tersebut.

Untuk pengguna hardcore produk Apple, yang artinya belum pernah menggunakan produk Android, fitur dalam iOS 14 akan terasa sangat baru. Namun rupanya, beberapa fitur yang dimuat dalam iOS terbaru tersebut, sebagian sudah ada di Android sejak lama.

Dikutip dari Cnet (23/6/2020), setidaknya ada tujuh fitur yang sudah lama dinikmati pengguuna Android, namun baru kali ini muncul di produk Apple bersamaan dengan meluncurnya iOS 14. Ketujuh fitur tersebut, yakni Translate, Picture-in-picture, Penggantian Aplikasi Standar, App Library, Wind Down Mode, Widget, dan Jalur Sepeda di Maps.

Translate

Pengguna Android tentu sudah akrab dengan fitur ini. Translate besutan Google sudah lama ada di Android. Fitur terjemahan langsung via gambar kamera ataupun input suara juga sudah ditanamkan ke Translate milik Google.

Di dalam iOS 14, fitur terjemahan langsung baru dimunculkan. Setidaknya, fitur terbaru dari aplikasi penerjemah milik Apple bisa menerjemahkan 11 bahasa dari percakapan langsung.

Picture-in-picture

Fitur ini membuat pengguna tetap bisa menonton video dalam layar yang lebih kecil ketika sedang membuka aplikasi lain. Ini bukanlah fitur yang baru bagi pengguna Android.

App Library

Masih dengan fitur yang sudah lama ada di Android, fitur ini mengizinkan penggunanya untuk membuat grup untuk aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan kategori yang diinginkan. Di iOS 14, pengguna sekarang dapat menghilangkan aplikasi dari homescreen.

Widget

Fitur yang sudah ada di Android, mungkin salah satu yang tertua karena sudah ada sejak Android meluncur. Singkatnya, ini seperti penghias homescreen.

Pengguna dapat menambahkan beberapa widget, seperti ramalan cuaca, jam, dan keterangan lain yang pengguna ingin tampilkan di homescreen.

Penggantian Aplikasi Standar

Aplikasi bawaan terkadang menjadi momok karena ketidakcocokan antara pengguna dengan aplikasi bawaan. Di Android, pengguna dengan mudahnya dapat mencopot dan mengganti aplikasi bawaan.

Namun, di Apple, fitur ini merupakan hal baru karena untuk pertama kalinya, Apple mengizinkan penggunanya mengganti aplikasi bawaan. Untuk sekarang, iOS 14 hanya mengizinkan penggantian browser dan email.

Wind Down Mode

Di Android, ini disebut sebagai Routines. Fungsinya mengurangi gangguan dengan membuat ponsel masuk ke mode "Do Not Disturb" selama pengguna beristirahat.

Jalur Sepeda di Maps

Peluncuran iOS 14 melakukan penambahan pada Maps milik Apple. Penambahan tersebut yakni jalur sepeda.

Kembali lagi, ini bukan hal yang baru di Android. Jalur sepeda di Google Maps sudah diperkenalkan kepada pengguna Android sejak 2010.