Xiaomi Siap Lengserkan Oppo

Xiaomi.
Sumber :
  • Gizmochina

VIVA – Raksasa teknologi China, Xiaomi, siap memamerkan teknologi pengisian baterai cepat (fast charging) 100W pada akhir tahun ini. Teknologi tersebut diklaim membuat baterai smartphone lebih cepat terisi penuh dalam waktu singkat.

Saat ini Oppo masih memegang posisi pertama soal fast charging atau pengisian baterai cepat yang tersedia di pasar lewat teknologi SuperVOOC 2.0 65W. Teknologi ini merupakan charger ponsel via kabel.

Dikutip dari situs Gizmochina, Selasa, 30 Juni 2020, beberapa produsen smartphone mengaku memiliki pengisian yang lebih cepat namun belum dikomersialkan. Rumor yang saat ini beredar kencang adalah Xiaomi siap melengserkan Oppo lewat fast charging 100W.

Super Charge Turbo 100W

Pada Maret 2019, perusahaan yang didirikan oleh Lei Jun tersebut pernah memamerkan pengisian Super Charge Turbo 100W. Smartphone yang memiliki daya 4.000mAh saja bisa terisi penuh dalam waktu 17 menit. Kemudian, pada November tahun yang sama, mereka mengonfirmasi bahwa teknologi itu akan dikomersialkan pada akhir 2020.

Hingga kini Xiaomi masih belum juga merilis pembaruan tersebut. Tapi, pada bulan lalu ada sebuah video beredar yang berisi fast charging 120W yang diduga kuat milik Xiaomi.

Sayangnya, leaker China, Digital Chat Station, tidak mengungkap perangkat atau handset mana yang akan menggunakan fast charging ini. Ada kemungkinan teknologi itu bakal disematkan di smartphone Mi 10 Pro Plus yang dijadwalkan debut perdana pada Agustus mendatang atau Mi Mix 4 di kuartal IV 2020.

Ancaman Vivo

Lalu, kemungkinan lainnya adalah Xiaomi akan dibalap oleh Lenovo lewat perangkat gaming mereka, Legion, yang dikabarkan memiliki pengisian daya 90W. Jika benar maka perangkat ini akan mencetak rekor baru menggantikan Oppo pada Juli besok.

Bukan cuma itu. Xiaomi juga bisa dikalahkan dengan Vivo dengan Super FlashCharge 120W dalam waktu tidak lama lagi. Solusi ini dikatakan bisa mengisi baterai smartphone 4.000mAh hanya dalam 13 menit, empat menit lebih cepat dari fast charging 100W milik Xiaomi.

Teknologi pengisian baterai cepat atau fast charging sangat membantu para pengguna ponsel, terutama bagi mereka yang sering menggunakannya di luar ruangan atau berpergian. Fast charging pada smartphone saat ini terus berkembang.

Hitungannya pun tak lagi belasan melainkan sampai puluhan, bahkan telah tembus di atas angka 100. Sebut saja Oppo, Samsung, Xiaomi, dan kini Vivo, yang belakangan ramai meramaikan pemberitaan dengan teknologi ngecas cepatnya masing-masing.