iPhone Susul Samsung Mau Bikin Ponsel Lipat

Samsung Galaxy Z Flip.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Ponsel lipat mulai muncul di beberapa vendor seperti Samsung dan Motorola Razr sejak tahun lalu. Kini, kabarnya Apple akan segera menyusul menjadi pesaing di pasar tersebut. Informasi ini datang setelah paten Apple bocor.

Laporan Patently Apple yang dikutip laman Tech Radar, Kamis, 9 Juli 2020, menunjukkan penampakan ponsel lipat iPhone. Dari penampakan terlihat jika Apple memiliki satu fitur yang telah ada di ponsel lipat Samsung. Yaitu, panel kecil di bagian depan produk, yang sebelumnya juga terlihat pada Samsung Galaxy Z Flip.

Pada Samsung Galaxy Z Flip, panel tersebut untuk menunjukkan notifikasi seperti pesan suara atau voicemail tanpa harus membuka ponsel. Adapun Motorola Razr juga memiliki fitur yang sama meski panel sebenarnya layar kecil pada bagian depannya.

Jika benar demikian, iPhone lipat ini akan bisa ditekuk menjadi dua bagian, persis seperti Samsung Galaxy Z Flip. Namun, jika Samsung melipatnya simetris maka Apple membuat salah satu bagiannya lebih panjang dari yang lainnya.

Akan tetapi, Apple belum buka suara soal kehadiran ponsel lipat perdananya, termasuk apakah paten ini akan dijadikan produk nyata di masa depan. Sebagai informasi, Samsung Galaxy Z Flip hadir awal tahun ini bersama dengan peluncuran tiga varian Galaxy S20.

Ini kali keduanya raksasa teknologi Korea Selatan itu menghadirkan ponsel lipat yang sebelumnya sudah merilis Samsung Galaxy Fold tahun lalu.

Namun berbeda dengan Fold, cara membuka Z Flip seperti ponsel jadul pada umumnya. Hanya membutuhkan satu tangan untuk mengubah dari compact ke mode lurus.

Samsung Galaxy Z Flip hadir dengan bentang layar 6,7 inchi FHD Plus saat dibuka. Flagship premium ini menggunakan Infinity Flex Display.

Ponsel lipat tersebut hadir dengan tiga kamera. Satu di bagian dalam ponsel 10MP, dan dua untuk kamera belakang masing-masing 12MP.