Platform Event Online Ada Fitur Private Video Call

Ilustrasi mendengar musik lewat video call.
Sumber :
  • MakeUseOf

VIVA – Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini internet telah menjadi kebutuhan, terutama selama pandemi Virus Corona COVID-19. Menurut riset platform manajemen media sosial HootSuite dan agensi marketing sosial We Are Social bertajuk "Global Digital Reports 2020", hampir 64 persen warga Indonesia sudah terkoneksi dengan jaringan internet.

Jumlah penguna internet di Indonesia sudah mencapai 175,4 juta orang, sementara total jumlah penduduk Indonesia sekitar 272,1 juta. Dibanding tahun lalu, jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat sekitar 17 persen atau 25 juta pengguna.

Sepanjang 2019, pengguna internet di Indonesia yang berusia 16 hingga 64 tahun memiliki waktu rata-rata selama 7 jam 59 menit per hari untuk berselancar di dunia maya.

Angka tersebut melampaui rata-rata global yang hanya menghabiskan waktu 6 jam 43 menit di internet per harinya. Meski masih ada pandemi COVID-19, tidak membuat penyelenggara konser tidak kehabisan akal, beberapa diantaranya menggelar konser secara virtual dan online.

Salah satunya Dyandra Global Edutainment, anak usaha PT. Dyandra Media International Tbk, yang meluncurkan platform digital bernama Weekenders.id. Menurut Vice President Dyandra Global Edutainment, Febrina Sibuea, platform barunya ini menyatukan event berbasis online dengan fitur private video call dan party chat.

Weekenders.id merupakan hasil inovasi dan kreativitas dari kondisi yang terjadi saat ini, di mana melakukan dan menyaksikan konser secara live streaming menjadi salah satu alternatif bagi para musisi dan penggemarnya untuk tetap dapat bertemu dan saling mengapresiasi.

"Platform ini diharapkan dapat mengobati kerinduan para pencinta event, atau yang kami sebut Weekenders, untuk menikmati sebuah event bersama dengan teman-teman seperti layaknya yang terjadi saat menikmati event offline," katanya, Senin, 13 Juli 2020.

Menurut Febrina, Weekenders.id juga akan menyediakan fitur-fitur yang dapat memberikan keleluasaan terhadap penyelenggaraan sebuah event online, dengan ragam acara yang sekarang sedang marak seperti, konser musik, berbagai macam kontes, webinar, dan edutainment gossip.

“Kebutuhan untuk penyelenggaraan event yang cukup tinggi membuat kami menyesuaikan kondisi dan keadaan, sehingga kami terus bergerak bertransformasi menjadi smart event organizer," ungkap dia. Konser perdana menggunakan Weekenders.id akan berlangsung pada 26 Juli 2020 pukul 19.00 WIB dengan nama Anormali bersama Fourtwnty band.

Band indie ini beranggotakan Arie Lesmana, Nuwi dan Roots yang telah mengantongi beberapa penghargaan musik di Indonesia. Tiket dijual mulai Senin, 13 Juli seharga Rp55 ribu di Weekenders.id dan juga Tiket.com.