Intip Isi 'Dapur' Realme C15, Spesifikasi Berat tapi Harga Hemat

Realme C15
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Produsen teknologi asal China, Realme, sangat aktif meluncurkan produk mereka di Tanah Air. Mulai dari smartphone, perangkat AIoT (Artificial Intelligence of Things), hingga aksesoris pelengkap.

Dua kali Realme Seri C meluncurkan smartphone entry-level. Pada akhir Juni lalu, Realme C11 unjuk gigi lewat spesifikasi yang cukup mumpuni, desain yang berbeda, serta baterai besar, yaitu 5.000mAh.

Seakan tidak puas, kali ini Realme C15 diluncurkan pada Selasa hari ini, 28 Juli 2020. Tak tanggung-tanggung, ponsel ini mengusung baterai jumbo atau 6.000mAh. Realme C15 merupakan produk pertama yang memiliki baterai berdaya sangat besar.

Baca: Harga Realme C15 di Indonesia Sesuai Prediksi

Tidak hanya baterai jumbo, tetapi teknologi pengisian daya cepat, 18Watt Quick Charge, dan Ultra-Wide Angle Quad camera menjadi titik berat produk ini. Dengan harga mulai dari Rp2 jutaan, Realme C15 diharapkan bisa memuaskan para penyuka foto selfie maupun penggemar game online. Usai peluncuran, VIVA Tekno berkesempatan mengintip isi 'dapur' dari Realme C15.

Dari sisi desain. Bodi Realme C15 memiliki Geometric Gradient Design dengan bentuk trapesium yang membagi bagian belakang smartphone ini menjadi tiga area dengan sudut garis yang berbeda, memberikan warna yang berbeda di setiap pantulan cahayanya.

Kamera smartphone ini terletak di bagian kiri atas dengan empat kamera yang diletakkan di dalam kotak. Satu hal yang terbilang cukup berbeda, yaitu penempatan flashlight yang terletak di luar kotak kamera. Pada bagian belakang juga terletak fingerprint yang dapat memudahkan pengguna untuk membuka smartphone dengan cepat.

Pada sisi kanan terletak tombol power yang tergolong nyaman untuk digunakan serta tombol volume yang dapat memudahkan pengguna untuk meraih dan mengatur volume suaranya. Tombolnya terbilang cukup halus dan nyaman untuk dipakai.

Di sisi kiri hanya ada slot SIM Card yang menjadi satu dengan MicroSD. Layarnya cukup besar dengan ukuran 6,5 inchi fullscreen dan resolusi HD Plus 720P. Rasio layar dari smartphone ini tergolong cukup lega, yaitu 88,7 persen dengan Mini-drop di bagian tengah untuk kamera depan.

Selanjutnya baterai. Tak bisa dipungkiri, Realme C15 menjagokan baterai jumbonya yang diklaim dapat bertahan sangat lama hanya dalam satu kali pengisian daya dan sanggup bertahan hingga 57 hari dalam mode standby.

Delapan jam adalah waktu yang dibutuhkan untuk menghabiskan baterai smartphone ini dalam keperluan main game online. Realme C15 mampu bertahan 1-2 hari untuk keperluan telepon dan berselancar di media sosial.

Lantas, bagaimana proses ngecas atau pengisian daya? Jangan khawatir, karena Realme C15 dibekali teknologi 18W Quick Charge yang memungkinkan pengguna untuk mengisi daya dalam waktu 30 menit untuk 25 persen. Secara keseluruhan, membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengisi daya sampai 100 persen.

Tak hanya baterai, prosesor atau chipset yang menempel pada Realme C15 adalah yang terbaru, yakni dari MediaTek Helio G35. Prosesor ini memiliki kecepatan 2,3Ghz dengan proses produksi 12nm octa-core yang siap bekerja untuk para penggunanya.

Untuk kekuatan saat bermain, Realme C15 memiliki performa yang cukup memuaskan saat dipakai main game online. Untuk permainan berat seperti Asphalt dan PUBG Mobile, smartphone ini terbilang memiliki touch response cukup baik. Dibarengi dengan Realme UI yang sangat simple, smartphone ini tergolong lebih dari nyaman untuk digunakan.

Terakhir kamera. Tidak seperti Seri C lainnya, Realme C15 merupakan produk istimewa karena merupakan Seri C pertama yang memiliki Ultra-Wide Quad Camera. Pada bagian depannya, Realme C15 memiliki kamera selfie sebesar 8MP yang dapat mengambil foto dengan jelas dan jernih.

Pada bagian belakang, ponsel ini punya 4 kamera. Kamera utama memiliki sensor sebesar 13MP dengan bukaan f/2.2 yang dapat mengambil banyak cahaya untuk keperluan foto pengguna. Kamera utama juga mendukung pengambilan gambar dengan 4x zoom untuk mengambil foto-foto jarak jauh.

Lensa B&W

Beralih ke kamera selanjutnya. Realme C15 memberikan kamera Wide angle dengan 8MP dan sudut 119 derajat. Bukaan dari lensa ini adalah 2.25, sehingga cahaya masuk dengan baik. Pengguna dapat menggunakan lensa ini untuk memotret pemandangan yang luas, hasil yang diberikan juga baik dengan distorsi yang sangat minim.

Pada Realme C15 juga disematkan 2 lensa yang belum pernah mereka berikan sebelumnya, yaitu lensa B&W, yang memberikan efek retro saat pemakaiannya dengan hasil yang cukup baik, namun lensa seperti ini biasanya sangat minim digunakan.

Satu hal yang tidak luput dari Realme C15 adalah keberadaan Mode Nightscape, yang memberikan pengguna kebebasan untuk memotret objek pada malam hari.