Ada 22 Aplikasi Maling di Android, Kamu Harus Hati-hati

Ilustrasi malware.
Sumber :
  • www.pixabay.com/typographyimages

VIVA – Bagi pemilik ponsel Android sebaiknya lebih bijak dalam memilih aplikasi lantaran 22 aplikasi cerdik nyatanya dapat menghabiskan masa pakai baterai. Bahkan dapat membuat Anda mendapatkan tagihan telepon yang besar.

Dikutip dari laman The Sun, Rabu, 9 September 2020, aplikasi maling atau 'clickfraud' berpura-pura menjadi aplikasi normal di Google Play Store. Tetapi diam-diam melakukan tindakan kriminal. Para ahli di perusahaan keamanan Sophos menemukan 22 aplikasi serupa, yang telah diunduh secara kolektif lebih dari 22 juta kali.

Baca: Hati-hati Teror untuk Pengguna Android

Ini termasuk satu aplikasi terlarang yang telah diunduh hingga 1 juta kali, sebelum di-take down atau dihapus dari Google Play Store. Aplikasi tersebut membuat iklan yang tidak terlihat dan menipu agar Anda mengklik, untuk menghasilkan uang.

"Dari sudut pandang pengguna, aplikasi ini menghabiskan baterai ponsel mereka dan dapat menyebabkan kelebihan data karena aplikasi terus berjalan dan berkomunikasi dengan server di latar belakang," kata peneliti.

Tetapi untuk pengguna normal tanpa pengetahuan teknis, akan sangat sulit untuk menemukan sesuatu yang salah. Tanda peringatan akan meningkatkan penggunaan data dan masa pakai baterai yang cepat habis, tetapi sulit mendeteksinya ke aplikasi maling di Android.

Selain itu, banyak aplikasi hampir tidak memiliki komentar negatif, karena pengguna tidak tahu ada yang salah. Ini berarti lebih banyak orang cenderung mengunduh aplikasi di masa mendatang.

"Satu-satunya efek yang mungkin dilihat pengguna adalah bahwa aplikasi akan menggunakan jumlah data yang jauh lebih besar, setiap saat, dan menghabiskan daya baterai ponsel pada kecepatan yang lebih cepat daripada yang dibutuhkan ponsel, "peneliti menjelaskan.

"Karena konsumen tidak dapat menghubungkan efek ini dengan aplikasi itu sendiri, ulasan Play Market mereka untuk aplikasi ini menunjukkan sedikit komentar negatif," lanjut peneliti.

Google menghapus aplikasi cerdik dari Play Store pada minggu 25 November. Tetapi aplikasi masih dapat beroperasi jika Anda sudah memasangnya, jadi sebaiknya hapus sekarang. Berikut 22 aplikasi maling yang dimaksud:

Sparkle FlashLight – com.sparkle.flashlight
Snake Attack – com.mobilebt.snakefight
Math Solver – com.mobilebt.mathsolver
ShapeSorter – com.mobilebt.shapesorter
Tak A Trip – com.takatrip.android
Magnifeye – com.magnifeye.android
Join Up – com.pesrepi.joinup
Zombie Killer – com.pesrepi.zombiekiller
Space Rocket – com.pesrepi.spacerocket
Neon Pong – com.pesrepi.neonpong
Just Flashlight – app.mobile.justflashlight
Table Soccer – com.mobile.tablesoccer
Cliff Diver – com.mobile.cliffdiver
Box Stack – com.mobile.boxstack
Jelly Slice – net.kanmobi.jellyslice
AK Blackjack – com.maragona.akblackjack
Color Tiles – com.maragona.colortiles
Animal Match – com.beacon.animalmatch
Roulette Mania – com.beacon.roulettemania
HexaFall – com.atry.hexafall
HexaBlocks – com.atry.hexablocks
PairZap – com.atry.pairzap