Tanggapan XL, Tri dan Indosat Mengenai Internet Gratis dari Pemerintah

Kuota internet untuk sekolah online.
Sumber :
  • Dok. Indosat

VIVA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjanjikan untuk memberikan pulsa dan kuota internet untuk menjalankan kegiatan belajar-mengajar (KBM) jarak jauh atau sekolah online. Bantuan itu diberikan kepada siswa, guru, mahasiswa dan juga dosen.

Para operator telekomunikasi telah menyiapkan sejumlah bantuan agar program ini bisa berjalan dengan lancar. Berikut tanggapan XL, Tri, dan Indosat untuk ikut program bantuan kuota internet pemerintah yang dirangkum VIVA Tekno, Selasa, 15 September 2020:

XL Axiata

XL Axiata telah siap menjalankan program tersebut yang akan berjalan mulai September hingga Desember 2020. XL akan memberikan 35GB tambahan atas apa yang diberikan oleh pemerintah untuk siswa SD, SMP, SMA dan SMK. Sementara untuk mahasiswa kita akan memberikan 50GB.

Tri

Sementara Tri Indonesia juga sudah melakukan penandatanganan MoU Kerja Sama Penyediaan Kuota Terjangkau dengan Kemendikbud beberapa waktu lalu. Pemberian kuota internet gratis itu mulai berlaku pada September hingga Desember 2020 sebesar 50GB per bulan.

Kuota internet ini bisa digunakan untuk mengakses sejumlah platform belajar online misalnya Google Classroom, Edmodo, Zenius dan Ruangguru. Selain itu Tri juga memberikan bonus 30GB pada bulan pertama. Jadi, total mereka yang menggunakan paket ini akan mendapatkan hingga 80GB selama 30 hari.

Indosat

Indosat Ooredoo telah menyiapkan platform untuk digunakan institusi pendidikan saat melakukan pembelajaran jarak jauh. Salah satunya adalah berfungsi sebagai tempat distribusi kuota internet data ke pelajar dan juga pengajar. Aplication Programming Interface (API) Gift Data, yakni piranti lunak atau software untuk pelanggan membagikan kuota internet ke nomor-nomor IM3 Ooredoo lewat sebuah dashboard.