Siap-siap, Durasi Google Meet Versi Gratis akan Dibatasi

Meeting online
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pelanggan Google Meet harus siap-siap karena layanan konferensi video itu akan dibatasi 1 jam per hari pada akhir bulan ini, atau tepatnya 30 September 2020. Informasi saja, Google mulai menggratiskan layanan premium Google Meet sejak Maret lalu.

Saat ini, pengguna Google Meet bisa melakukan panggilan video konferensi hingga 24 jam dalam sehari dengan cuma-cuma. Durasi satu jam ini ternyata masih lebih lama dibandingkan aplikasi Zoom versi gratis yang hanya memperbolehkan diakses selama 40 menit bagi pelanggan non-berbayar.

Baca: Google Meet Digratiskan pada Mei 2020, Buat Ngejegal Aplikasi Zoom

Dari situs resmi Google Meet, mulai 1 Oktober mendatang rapat online gratis di platform ini dibatasi menjadi 1 jam per hari. Sedangkan jumlah peserta rapat maksimum masih belum belum berubah yaitu 100 orang.

Untuk melakukan rapat online dengan durasi lebih panjang, pengguna harus mendaftar ke layanan G Suite Essential atau G Suite Enterprise. Untuk layanan G Suite Essential memiliki biaya berlangganan sebesar US$8 (Rp118 ribu) per bulan.

Pengguna yang mendaftar G Suite Essential akan mendapatkan kuota durasi rapat online Google Meet hingga 300 jam, dengan peserta rapat maksimal 150 orang. Selain itu, pengguna layanan ini juga bisa mengakses fitur Google lainnya seperti Drive, Document, Spreadsheet dan Slide.

G Suite Essential ini pertama kali dikenalkan bersamaan dengan diluncurkannya Google Meet untuk publik. Untuk yang masih pikir-pikir membayar, layanan ini bisa dicoba secara gratis lewat free trial.

Sedangkan untuk G Suite Enterprise, Google meminta pengguna untuk menghubungi bagian penjual terkait harga. Paket ini bisa digunakan untuk rapat berdurasi 300 jam dan peserta rapat mencapai 250 orang.

Wakil Presiden Google Suite, Javier Soltero, mengatakan jika Google Meet memiliki perlindungan keamanan yang kuat. Salah satunya menyediakan kontrol untuk penyelenggara rapat untuk menerima atau menolak seseorang masuk.

"Selain itu juga host bisa membuat mode diam dan menghapus partisipan rapat jika diperlukan. Google Meet tidak digunakan untuk bagian iklan dan menegaskan tidak menjual data pada pihak ketiga," tegas dia.