Cara Mengatur WiFi Agar Anak Tidak Kecanduan Internet

Anak mengakses internet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pandemi membuat banyak aktivitas sehari-hari harus dilakukan di rumah. Hal tersebut juga menjadikan internet jadi sumber kehidupan yang digunakan mulai dari bekerja, sekolah dan hiburan.

Tak bisa dihindarkan jika anak-anak menjadi lebih banyak berada di dunia maya, dan berpotensi membuat mereka kecanduan internet. Para orangtua harus mencari sejumlah cara, agar ini bisa dihindarkan.

Baca juga: Ada yang Spesial di Internet Hari Ini

Bagi pengguna internet WiFi di rumah, berikut tips mengakali agar anak tidak kecanduan internet, dirangkum VIVA Tekno dari laman PC Mag, Minggu 27 September 2020.

Ubah Kata Sandi

Pastikan memasang kata kunci saat ada yang hendak mengakses WiFi. Akan lebih baik jika kata kunci diubah secara berkala, sehingga sang anak tidak bebas berselancar setiap saat.

Memang akan sedikit sulit jika menggunakan komputer, ponsel, atau perangkat smart home yang ingin selalu terhubung dengan jaringan internet.

Namun, dengan mengatur kata sandi setiap waktu setidaknya bisa mengontrol penggunaan WiFi pada anak.

Blokir Perangkat

Untuk mencegah kecanduan internet pada anak, orangtua juga bisa memblokir perangkatnya menggunakan WiFi rumah. Pemblokiran ini menggunakan MAC atau Media Access Control Filtering. Biasanya, pengaturan ini dipakai untuk mengizinkan hanya perangkat tertentu saja yang bisa terhubung dengan jaringan internet itu.

Aktifkan Parental Control

Dengan mode ini, para orangtua tak perlu membuka tutup blokir perangkat anak-anaknya pada WiFi. Mereka punya kendali penuh atas jaringan, dengan mengaktifkan Parental Control. Sejumlah router sudah mendukung pilihan mode ini. Orangtua bisa mengaktifkannya di menu Parental Control, yang menjadi bagian dari rangkaian keamanan.