19 Aplikasi Bisa Diakses Pakai Kuota Belajar Pemerintah, Ada WhatsApp

Kuota internet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pemerintah resmi telah menyalurkan kuota internet gratis bagi pelajar dan tenaga pendidik dalam rangka kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Bantuan ini dibagi ke dalam kuota umum dan kuota belajar yang akan disebar setiap bulannya.

Mengutip laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis, 1 Oktober 2020, kuota internet gratis dimaksudkan untuk bisa dipakai mengakses laman serta aplikasi belajar online. Di dalamnya terdapat aplikasi, konferensi video, website, serta website kampus.

Baca: Mau Dapat Kuota Internet Gratis dari Pemerintah, Ini Syaratnya

Ada 19 aplikasi yang bisa digunakan dengan mengakses kuota belajar, di mana beberapa di antaranya adalah platform edutech seperti Ruangguru, Bahaso, Cakap, Udemy, dan Zenius. Uniknya, aplikasi pesan singkat WhatsApp juga termasuk yang bisa diakses dalam kuota internet gratis tersebut.

Sementara itu untuk platform konferensi video yang masuk dalam daftar kuota belajar adalah Cisco Webex, Google Meet, Microsoft Teams, U Meet Me, dan juga Zoom. Adapun website, beberapa di antaranya berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta laman Cambridge English.

Selain itu ada ratusan website kampus yang juga bisa diakses, seperti laman ITB, UI, Unpad, UGM, serta ITS. Pemerintah juga membagi empat paket bantuan. Peserta didik PAUD serta Pendidikan Dasar dan Menengah yang masing-masing akan mendapatkan 20GB (kuota belajar 15GB+kuota umum 5GB) dan 35GB (kuota belajar 30GB+kuota umum 5GB).

Tenaga pendidik PAUD serta jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah disalurkan bantuan sebanyak 42GB (kuota belajar 37GB+kuota umum 5GB). Mahasiswa dan dosen juga akan mendapatkan total 50GB dengan pembagian 45GB kuota belajar dan 5GBG kuota umum. Berikut daftar lengkap 19 aplikasi yang bisa diakses menggunakan kuota belajar dari pemerintah:

    1. Aminin
    2. Ayoblajar
    3. Bahaso
    4. Birru
    5. Cakap
    6. Duolingo
    7. Edmodo
    8. Eduka System
    9. Ganeca Digital
    10. Google Classroom
    11. Kipin Scholl 4.0
    12. Microsoft Education
    13. Quipper
    14. Ruangguru
    15. Rumah Belajar
    16. Sekolah.Mu
    17. Udemy
    18. Zenius
    19. WhatsApp