Tips Mengatasi Ponsel yang Sering Ngehang

Ilustrasi ponsel. (FOTO: Unsplash/Rawpixel)
Sumber :
  • wartaekonomi

Ponsel menjadi perangkat yang selalu digenggam setiap saat oleh pengguna. Di dalam smartphone terdapat berbagai macam komponen hardware dan software.

Baca juga: Truk Trailer Bikin Heboh karena Muatannya Disebut Mirip UFO

Mungkin kamu pernah menemukan software atau aplikasi yang terlalu penuh terpasang pada ponsel. Ini boleh jadi mengakibatkan ponsel bisa bekerja lebih keras daripada sebelumnya.

Dalam kondisi aplikasi memenuhi memori ponsel, mungkin kamu menemukan ponsel akan mengalami hang atau gangguan. Diambil dari berbagai sumber, berikut ini tips yang bisa Anda perhatikan untuk mencegah ponsel mengalami hang.

Hapus Aplikasi
Terkadang aplikasi yang tidak sering dipakai atau aplikasi yang tidak benar-benar dibutuhkan tetap terpasang di ponsel. Hal ini bisa memakan memori internal, terlebih bila aplikasi itu meminta update dan semakin memberatkan handset. Sebaiknya kami hanya memasang aplikasi yang benar-benar dibutuhkan.

Setop Aplikasi Tak Terpakai
Banyak aplikasi yang tengah berjalan membuat ponsel bekerja lebih keras. Salah satu penyebab hang ialah karena pengguna menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Oleh karena itu, matikan aplikasi yang benar-benar tidak terpakai.

Hindari Live Wallpaper
Menggunakan live wallpaper membuat ponsel Android bisa menjadi lambat, bahkan lag atau hang. Untuk terhindar dari lag, sebaiknya pengguna tidak memasang live wallpaper.

Perhatikan RAM Ponsel
Mengetahui berapa RAM ponsel pengguna menjadi penting. Dengan demikian, pengguna bisa mengukur dan menghindari membuka aplikasi terlalu banyak. Semakin besar kapasitas RAM, maka smartphone semakin mumpuni untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus

Factory Reset
Bila smartphone kamu sering hang atau tidak dapat bekerja dengan optimal, mungkin saatnya melakukan factory reset. Ini merupakan jalan terakhir bila segala cara sudah ditempuh, namun belum juga membuahkan hasil signifikan. Umumnya, setelah factory reset, pengguna bisa merasakan ponsel terasa lebih enteng.