iPhone 12 Pro Siluman Dirilis, Harganya Bikin Meringis

iPhone 12 Pro Stealth.
Sumber :
  • GSM Arena

VIVA – Produsen kasing ponsel premium Caviar membuat iPhone 12 Pro Stealth alias Siluman. Perusahaan asal Rusia itu melepas tiga kamera di bagian belakang dan menonaktifkan kamera depan.

iPhone 12 Pro Stealth dibanderol seharga US$4.990 atau Rp70 juta. Caviar adalah perusahaan asal Rusia yang dikenal sejak lama memodiifikasi iPhone. Mengutip situs GSM Arena, Rabu, 2 Desember 2020, istilah stealth atau siluman dipilih karena desainnya yang terinspirasi dari jet yang dapat menghindari radar.

Baca: Fitur 5G pada iPhone 12 Tidak Berguna di Indonesia

Ada dua versi yang mereka sediakan yang ke semuanya menggunakan titanium yang diperkeras untuk membuat panel belakang. iPhone 12 Stealth memiliki fitur gulloche vertikal dengan lapisan laser hitam. Sedangkan versi siluman emasnya menggunakan lapisan PVD emas.

Caviar memproduksinya secara eksklusif alias hanya 99 unit dari kedua versi tersebut. Harga iPhone 12 Pro Stealth versi emas dengan harga US$5.520 atau Rp78 juta. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau jika melihat standard yang diterapkan Caviar.

Beberapa waktu lalu, Caviar juga mengumumkan iPhone 12 Pro Sands of Time, yang dibanderol mulai dari harga US$14.900-19.050 atau Rp211-270 juta. Perangkat terbuat dari titanium dan diperkeras dengan lapisan PVD serta memiliki pasir emas.

Selain itu, ada juga iPhone 12 Pro Victory Pure Gold, nama yang akan disematkan pada ponsel mewah tersebut, juga akan dihiasi dengan motif bunga di bagian belakang, yaitu Bunga chamomile, yang merupakan bunga nasional Rusia.

Ada juga delapan berlian 0,48 karat (F/SI1) ditaburkan pada ponsel tersebut. Sisi-sisinya diukir dengan informasi telepon dan nomor uniknya dan akan diproduksi dalam proses produksi terbatas. Jika kantong pas-pasan, Caviar sudah menyiapkan varian yang 'harganya lebih terjangkau', yakni versi Carbon dan Titanium.

Kemudian, ada varian yang dibalut kulit ular dan aligator. Pemesan bisa memiliki iPhone 12 Pro atau 12 Pro Max, keduanya dilepas mulai dari harga US$5.060 atau sekitar Rp74 juta. Penjualan iPhone 12 Pro Victory Pure Gold atau berlapis emas 18 karat ini direncanakan akan berlangsung Oktober 2020.

Pada pertengahan Maret kemarin, Caviar sudah membuat iPhone 11 Pro Antibakteri untuk mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19). Kali ini yang mereka gunakan adalah perak, yang dikenal sebagai bahan yang bisa membunuh kuman ketika teroksidasi, melepas ion perak untuk perang melawan jamur dan bakteri.