Kamera Ponsel China Ini Ogah Sama dengan Samsung, Xiaomi dan Realme

OnePlus 9.
Sumber :
  • TechRadar

VIVA – Ponsel China OnePlus akan meluncurkan tiga perangkat sekaligus pada Maret 2021. Ketiganya yaitu OnePlus 9, OnePlus 9 Pro, dan OnePlus 9E. Kendati beberapa spesifikasinya sudah bocor, seperti menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 888, baterai 4.500mAh dan RAM 8GB/ROM 128GB, kini bocoran terbaru menyebutkan ketiga ponsel itu tidak akan memiliki lensa periskop.

Ini adalah kedua kalinya informasi tersebut menyebar ke publik sejak pertama kalinya pada November lalu ketika render berbasis CAD pertama dari OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro muncul di dunia maya, seperti dikutip dari situs GSM Arena, Selasa, 29 Desember 2020.

Baca: Gokil, Realme Mau Luncurin 100 Produk Tahun Depan

Informasi saja, teknologi periskop adalah teknologi baru yang digunakan para vendor agar kamera ponsel pintar bisa melakukan perbesaran gambar optikal. Diperkirakan teknologi ini akan jadi ladang pertempuran baru vendor ponsel setelah sebelumnya mereka berlomba menghadirkan kamera dengan piksel lebih besar dan teknologi multi lensa.

Akibat keterbatasan tempat untuk menempatkan lensa, selama ini perbesaran gambar secara optik yang bisa dilakukan pada ponsel terbatas hanya sampai 2 atau 3 kali saja. Dengan bantuan periskop, perbesaran optikal bisa dilakukan hingga 5 kali.

Lensa telefoto periskop menjadi identik dengan kemampuan pengambilan gambar zoom ponsel. Teknologi ini telah diadaptasi oleh beberapa produsen smartphone seperti Samsung, Huawei, Xiaomi, Realme, dan Oppo.

Blogger digital, @Digital Chat Station, melansir Seekdevice, memperkuat dugaan kalau seri OnePlus 9 bakal menggunakan lensa telefoto normal pada kameranya. Lagi pula, semua smartphone OnePlus belum pernah menggunakan lensa periskop, sehingga kemampuan telefotonya terbatas.

Sebelum laporan kuartal ketiga tahun ini keluar, banyak smartphone baru yang dilengkapi dengan lensa telefoto periskop. Berkaca dari tahun ini maka tahun depan diprediksi akan banyak perangkat baru yang tidak memiliki lensa periskop.

"Dari sudut pandang ini, sejumlah flagship yang diperkuat chipset Snapdragon 888 (bukan hanya seri OnePlus 9), yang juga dirilis tahun depan mungkin akan menggunakan lensa telefoto biasa, bukan lensa periskop. Jadi mereka membatasi kemampuan fotografi telefoto pada kamera ponselnya," demikian menurut @Digital Chat Station.

Kendati demikian, ia belum mengetahui mengapa OnePlus ingin 'beda sendiri' dari kompetitor besar Samsung, Huawei, Xiaomi, serta Oppo, dan Realme. Padahal, harapannya adalah OnePlus 9 Pro akan memiliki dua modul kamera yang menonjol yang disertai dengan dua lensa yang lebih kecil. Contohnya, OnePlus 8 Pro dan Oppo Find X2 Pro, di mana keduanya memiliki kamera telefoto periskop masing-masing zoom 3x dan zoom optik 5x.